Analisis Social Customer Relationship Management Melalui Social Media Instagram Dalam Rangka Membangun Buzzword (Studi Kasus Kakolait (Chocolate & Coffee)
Main Author: | Sukma, Dea Anidatil |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/5275/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/5275/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/5275/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/5275/1/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/5275/1/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/5275/1/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/5275/1/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/5275/1/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/5275/ |
Daftar Isi:
- Internet dikatakan sebagai salah satu tools yang paling signifikan yang pernah digunakan dalam praktik PR. Sebagian besar pengguna internet berpartisipasi aktif dalam situs-situs social media. Kemudahan dalam bersosial di social media menunjang peran public relations sebagai cara termudah bagi organisasi untuk terus terhubung dengan customer mereka. Keterhubungan ini memudahkan penyebaran buzzword diantara sesama customer, menimbulkan adanya keuntungan finansial bagi organisasi tersebut. Oleh sebab itu, sebagai bentuk upaya mereka dalam melibatkan pelanggan dengan perusahaannya sehingga dapat terbentuk hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan, kafe Kakolait (Chocolate & Coffee) melaksanakan strategi social customer relationship management melalui media sosial Instagram mereka yang berujung pada pembentukan buzzword. Penelitian ini dikaji dengan metode kualitatif deskriptif dan studi kasus dengan pemanfaatan triangulasi data berupa wawancara dengan melibatkan empat orang narasumber sebagai kunci informasi data, yang ditujukan untuk memahami bagaimana strategi Social Customer Relationship Management melalui media sosial dalam rangka membentuk buzzword. Peneliti bermaksud untuk menganalisa bagaimana karakteristik pelanggan Kakolait dengan menggunakan konsep social stack dan proses terbentuknya keputusan pembelian pelanggan Kakolait dengan konsep AISAS. Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil yang menyatakan bahwa konsep Social Stack dan model AISAS ini saling berkaitan. Adanya sinkronisasi pada kedua konsep dimana karakteristik-karakteristik sosial pelanggan Kakolait mendukung tindakan-tindakan dalam proses pengambilan keputusan konsumen dalam membeli produk Kakolait yang pada pengalaman tersebut akan berakhir pada terciptanya buzzword.