Daftar Isi:
  • Pola konsumsi informasi melalui media sosial yang dilakukan masyarakat saat ini sangat bergantung pada faktor-faktor seperti kemudahan mengakses informasi, frekuensi dalam mengakses media dan pemilihan topik berita yang dibaca. Saat ini banyak pengguna Facebook yang menggunakan media sosial tersebut untuk mengonsumsi berita secara online. Fenomena yang terjadi saat ini adalah media sosial dapat memperkuat kepercayaan seseorang terhadap suatu informasi yang diinginkan dan diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pola konsumsi berita online melalui media sosial seperti Facebook yang dilakukan oleh pendukung Ahok dan pendukung Anies yang berdomisili di Jakarta. Penelitian ini juga membahas pandangan seseorang yang bisa saja tersesat oleh pandangannya sendiri akibat lebih sering mengakses informasi melalui Facebook dan bagaimana pola konsumsi pembaca media di era digital melalui Facebook. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif-deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan pembaca lebih sering memilih berita yang mudah diakses dan disukai. Teori Selective Exposure mengungkapkan bahwa seseorang akan cenderung memilih berita yang disukai dan sering terpapar melalui media sosial yang sering diakses, sehingga semakin sering seseorang terpapar informasi yang disukainya, semakin besar kepercayaan seseorang terhdap informasi tersebut. Hasil penelitian ini mendukung asumsi teori selective exposure, bahwa orang akan cenderung memilih informasi yang diinginkan dan disukai, karena lebih sering terpapar dengan informasi tersebut orang tersebut menjadi enggan untuk mencari informasi di luar dari yang diinginkannya.