Motivasi Konsumsi Media Online Dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Di Kalangan Generasi Millennial (Penelaahan Teori Uses And Gratification Pada Portal Berita Idntimes.Com Terhadap Pembaca Idntimes.Com Di Facebook Fanpage)

Main Author: Hardianti, Risa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/5220/1/HALAMAN%20AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/5220/1/BAB%20I.pdf
http://kc.umn.ac.id/5220/5/BAB%20II.pdf
http://kc.umn.ac.id/5220/6/BAB%20III.pdf
http://kc.umn.ac.id/5220/2/BAB%20IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/5220/4/BAB%20V.pdf
http://kc.umn.ac.id/5220/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/5220/3/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/5220/
ctrlnum 5220
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/5220/</relation><title>Motivasi Konsumsi Media Online Dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Di Kalangan Generasi Millennial (Penelaahan Teori Uses And Gratification Pada Portal Berita Idntimes.Com Terhadap Pembaca Idntimes.Com Di Facebook Fanpage)</title><creator>Hardianti, Risa</creator><subject>H Social Sciences</subject><subject>P87-96 Communication. Mass media</subject><subject>ZA4050-4775 Information in specific formats or media</subject><description>Saat ini media online menjadi alternatif lain untuk memenuhi kebutuhan informasi&#xD; khalayak. Khalayak yang saat ini menjadi peran yang sangat penting pada media massa&#xD; adalah generasi Millennial&#x2019;s khususnya mahasiswa. Penelitian ini dibuat untuk mencari&#xD; informasi yang khalayak inginkan dan memperoleh suatu pemenuhan kebutuhan atas&#xD; informasi yang disajikan oleh media massa terutama pada portal berita IDNtimes.com.&#xD; Khalayak mahasiswa memiliki motivasi konsumsi yang berbeda-beda dalam menggunkan&#xD; media massa, penelitian ini untuk memenuhi kebutuhan informasi khalayak mahasiswa&#xD; mengenai informasi yang diberikan oleh portal berita IDNtimes.com. Tujuan dari penelitian&#xD; ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbandingan antara motivasi konsumsi dan&#xD; pemenuhan kebutuhan informasi di kalangan mahasiswa setelah mengakses portal berita&#xD; IDNtimes.com.&#xD; Dalam penelitian ini menggunakan teori uses and gratifications, variabel penelitian ini&#xD; dengan menggunakan gratification sought dan gratification obtained. Penelitian ini&#xD; menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sifat jenis penelitian eksplanatif. Metode yang&#xD; digunakan adalah korelasional, ditujukan untuk mengetahui hubungan suatu variabel dengan&#xD; beberapa variabel lainnya. Peneliti menyebar kuesioner kepada 100 orang mahasiswa pada&#xD; followers facebook fanpage IDNtimes.com. Sampel yang digunakan pada penelitian adalah&#xD; Purposive Sampling. Hasil dari data yang dikumpulkan dengan cara penyebaran kuesioner&#xD; melalui facebook lalu dilakukan analisi menggunakan uji statistik untuk membandingkan&#xD; hasil Gratification Sought yang dicari dan hasil Grafication Obtained yang diperoleh setelah&#xD; mengakses portal berita IDNtimes.com.&#xD; Hasil pada penelitian ini adalah adanya perbandingan antara motivasi konsumsi dan&#xD; pemenuhan kebutuhan informasi. Artinya, informasi yang disajikan oleh portal berita&#xD; IDNtimes.com dapat memenuhi kebutuhan informasi untuk khalayak mahasiswa. Selain itu,&#xD; hasil penelitian ini dapat dikatakan motivasi konsumsi dan pemenuhan kebutuhan informasi&#xD; mahasiswa pada dimensi kebutuhan pelepasan memiliki hasil mean yang cukup besar.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5220/1/HALAMAN%20AWAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5220/1/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5220/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5220/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5220/2/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5220/4/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5220/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5220/3/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Hardianti, Risa (2017) Motivasi Konsumsi Media Online Dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Di Kalangan Generasi Millennial (Penelaahan Teori Uses And Gratification Pada Portal Berita Idntimes.Com Terhadap Pembaca Idntimes.Com Di Facebook Fanpage). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>5220</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Hardianti, Risa
title Motivasi Konsumsi Media Online Dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Di Kalangan Generasi Millennial (Penelaahan Teori Uses And Gratification Pada Portal Berita Idntimes.Com Terhadap Pembaca Idntimes.Com Di Facebook Fanpage)
publishDate 2017
topic H Social Sciences
P87-96 Communication. Mass media
ZA4050-4775 Information in specific formats or media
url http://kc.umn.ac.id/5220/1/HALAMAN%20AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/5220/1/BAB%20I.pdf
http://kc.umn.ac.id/5220/5/BAB%20II.pdf
http://kc.umn.ac.id/5220/6/BAB%20III.pdf
http://kc.umn.ac.id/5220/2/BAB%20IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/5220/4/BAB%20V.pdf
http://kc.umn.ac.id/5220/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/5220/3/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/5220/
contents Saat ini media online menjadi alternatif lain untuk memenuhi kebutuhan informasi khalayak. Khalayak yang saat ini menjadi peran yang sangat penting pada media massa adalah generasi Millennial’s khususnya mahasiswa. Penelitian ini dibuat untuk mencari informasi yang khalayak inginkan dan memperoleh suatu pemenuhan kebutuhan atas informasi yang disajikan oleh media massa terutama pada portal berita IDNtimes.com. Khalayak mahasiswa memiliki motivasi konsumsi yang berbeda-beda dalam menggunkan media massa, penelitian ini untuk memenuhi kebutuhan informasi khalayak mahasiswa mengenai informasi yang diberikan oleh portal berita IDNtimes.com. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbandingan antara motivasi konsumsi dan pemenuhan kebutuhan informasi di kalangan mahasiswa setelah mengakses portal berita IDNtimes.com. Dalam penelitian ini menggunakan teori uses and gratifications, variabel penelitian ini dengan menggunakan gratification sought dan gratification obtained. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sifat jenis penelitian eksplanatif. Metode yang digunakan adalah korelasional, ditujukan untuk mengetahui hubungan suatu variabel dengan beberapa variabel lainnya. Peneliti menyebar kuesioner kepada 100 orang mahasiswa pada followers facebook fanpage IDNtimes.com. Sampel yang digunakan pada penelitian adalah Purposive Sampling. Hasil dari data yang dikumpulkan dengan cara penyebaran kuesioner melalui facebook lalu dilakukan analisi menggunakan uji statistik untuk membandingkan hasil Gratification Sought yang dicari dan hasil Grafication Obtained yang diperoleh setelah mengakses portal berita IDNtimes.com. Hasil pada penelitian ini adalah adanya perbandingan antara motivasi konsumsi dan pemenuhan kebutuhan informasi. Artinya, informasi yang disajikan oleh portal berita IDNtimes.com dapat memenuhi kebutuhan informasi untuk khalayak mahasiswa. Selain itu, hasil penelitian ini dapat dikatakan motivasi konsumsi dan pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa pada dimensi kebutuhan pelepasan memiliki hasil mean yang cukup besar.
id IOS6965.5220
institution Universitas Multimedia Nusantara
institution_id 355
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara
library_id 306
collection Knowledge Center UMN
repository_id 6965
subject_area Business/Bisnis
Communication/Komunikasi
Art Apreciation/Apresiasi Seni
Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
city TANGERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6965
first_indexed 2019-04-04T01:23:13Z
last_indexed 2019-04-04T01:23:13Z
recordtype dc
_version_ 1683865404709011456
score 17.538404