Motivasi Konsumsi Media Online Dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Di Kalangan Generasi Millennial (Penelaahan Teori Uses And Gratification Pada Portal Berita Idntimes.Com Terhadap Pembaca Idntimes.Com Di Facebook Fanpage)
Main Author: | Hardianti, Risa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/5220/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/5220/1/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/5220/5/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/5220/6/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/5220/2/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/5220/4/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/5220/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/5220/3/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/5220/ |
ctrlnum |
5220 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/5220/</relation><title>Motivasi Konsumsi Media Online Dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Di Kalangan Generasi Millennial (Penelaahan Teori Uses And Gratification Pada Portal Berita Idntimes.Com Terhadap Pembaca Idntimes.Com Di Facebook Fanpage)</title><creator>Hardianti, Risa</creator><subject>H Social Sciences</subject><subject>P87-96 Communication. Mass media</subject><subject>ZA4050-4775 Information in specific formats or media</subject><description>Saat ini media online menjadi alternatif lain untuk memenuhi kebutuhan informasi
khalayak. Khalayak yang saat ini menjadi peran yang sangat penting pada media massa
adalah generasi Millennial’s khususnya mahasiswa. Penelitian ini dibuat untuk mencari
informasi yang khalayak inginkan dan memperoleh suatu pemenuhan kebutuhan atas
informasi yang disajikan oleh media massa terutama pada portal berita IDNtimes.com.
Khalayak mahasiswa memiliki motivasi konsumsi yang berbeda-beda dalam menggunkan
media massa, penelitian ini untuk memenuhi kebutuhan informasi khalayak mahasiswa
mengenai informasi yang diberikan oleh portal berita IDNtimes.com. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbandingan antara motivasi konsumsi dan
pemenuhan kebutuhan informasi di kalangan mahasiswa setelah mengakses portal berita
IDNtimes.com.
Dalam penelitian ini menggunakan teori uses and gratifications, variabel penelitian ini
dengan menggunakan gratification sought dan gratification obtained. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sifat jenis penelitian eksplanatif. Metode yang
digunakan adalah korelasional, ditujukan untuk mengetahui hubungan suatu variabel dengan
beberapa variabel lainnya. Peneliti menyebar kuesioner kepada 100 orang mahasiswa pada
followers facebook fanpage IDNtimes.com. Sampel yang digunakan pada penelitian adalah
Purposive Sampling. Hasil dari data yang dikumpulkan dengan cara penyebaran kuesioner
melalui facebook lalu dilakukan analisi menggunakan uji statistik untuk membandingkan
hasil Gratification Sought yang dicari dan hasil Grafication Obtained yang diperoleh setelah
mengakses portal berita IDNtimes.com.
Hasil pada penelitian ini adalah adanya perbandingan antara motivasi konsumsi dan
pemenuhan kebutuhan informasi. Artinya, informasi yang disajikan oleh portal berita
IDNtimes.com dapat memenuhi kebutuhan informasi untuk khalayak mahasiswa. Selain itu,
hasil penelitian ini dapat dikatakan motivasi konsumsi dan pemenuhan kebutuhan informasi
mahasiswa pada dimensi kebutuhan pelepasan memiliki hasil mean yang cukup besar.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5220/1/HALAMAN%20AWAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5220/1/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5220/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5220/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5220/2/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5220/4/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5220/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5220/3/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Hardianti, Risa (2017) Motivasi Konsumsi Media Online Dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Di Kalangan Generasi Millennial (Penelaahan Teori Uses And Gratification Pada Portal Berita Idntimes.Com Terhadap Pembaca Idntimes.Com Di Facebook Fanpage). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>5220</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Hardianti, Risa |
title |
Motivasi Konsumsi Media Online Dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Di Kalangan Generasi Millennial (Penelaahan Teori Uses And Gratification Pada Portal Berita Idntimes.Com Terhadap Pembaca Idntimes.Com Di Facebook Fanpage) |
publishDate |
2017 |
topic |
H Social Sciences P87-96 Communication. Mass media ZA4050-4775 Information in specific formats or media |
url |
http://kc.umn.ac.id/5220/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/5220/1/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/5220/5/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/5220/6/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/5220/2/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/5220/4/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/5220/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/5220/3/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/5220/ |
contents |
Saat ini media online menjadi alternatif lain untuk memenuhi kebutuhan informasi
khalayak. Khalayak yang saat ini menjadi peran yang sangat penting pada media massa
adalah generasi Millennial’s khususnya mahasiswa. Penelitian ini dibuat untuk mencari
informasi yang khalayak inginkan dan memperoleh suatu pemenuhan kebutuhan atas
informasi yang disajikan oleh media massa terutama pada portal berita IDNtimes.com.
Khalayak mahasiswa memiliki motivasi konsumsi yang berbeda-beda dalam menggunkan
media massa, penelitian ini untuk memenuhi kebutuhan informasi khalayak mahasiswa
mengenai informasi yang diberikan oleh portal berita IDNtimes.com. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbandingan antara motivasi konsumsi dan
pemenuhan kebutuhan informasi di kalangan mahasiswa setelah mengakses portal berita
IDNtimes.com.
Dalam penelitian ini menggunakan teori uses and gratifications, variabel penelitian ini
dengan menggunakan gratification sought dan gratification obtained. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sifat jenis penelitian eksplanatif. Metode yang
digunakan adalah korelasional, ditujukan untuk mengetahui hubungan suatu variabel dengan
beberapa variabel lainnya. Peneliti menyebar kuesioner kepada 100 orang mahasiswa pada
followers facebook fanpage IDNtimes.com. Sampel yang digunakan pada penelitian adalah
Purposive Sampling. Hasil dari data yang dikumpulkan dengan cara penyebaran kuesioner
melalui facebook lalu dilakukan analisi menggunakan uji statistik untuk membandingkan
hasil Gratification Sought yang dicari dan hasil Grafication Obtained yang diperoleh setelah
mengakses portal berita IDNtimes.com.
Hasil pada penelitian ini adalah adanya perbandingan antara motivasi konsumsi dan
pemenuhan kebutuhan informasi. Artinya, informasi yang disajikan oleh portal berita
IDNtimes.com dapat memenuhi kebutuhan informasi untuk khalayak mahasiswa. Selain itu,
hasil penelitian ini dapat dikatakan motivasi konsumsi dan pemenuhan kebutuhan informasi
mahasiswa pada dimensi kebutuhan pelepasan memiliki hasil mean yang cukup besar. |
id |
IOS6965.5220 |
institution |
Universitas Multimedia Nusantara |
institution_id |
355 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara |
library_id |
306 |
collection |
Knowledge Center UMN |
repository_id |
6965 |
subject_area |
Business/Bisnis Communication/Komunikasi Art Apreciation/Apresiasi Seni Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika |
city |
TANGERANG |
province |
BANTEN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6965 |
first_indexed |
2019-04-04T01:23:13Z |
last_indexed |
2019-04-04T01:23:13Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1683865404709011456 |
score |
17.538404 |