ctrlnum 5200
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/5200/</relation><title>Konstruksi Pemberitaan Program Kampanye Anies-Sandi : Analisis Framing Berita "Tawarkan Rumah Tanpa Dp" Pada Media Online Detik.Com Dan Republika.Co.Id</title><creator>Suryawaty, Jesica</creator><subject>H Social Sciences</subject><subject>P87-96 Communication. Mass media</subject><subject>P99.7 Framing Analysis</subject><description>Sebagai Cagub-Cawagub urut-3 DKI Jakarta 2017, Anies-Sandi menyediakan berbagai&#xD; program kampanye. Salah satunya mereka menawarkan program kepemilikan rumah&#xD; tanpa down payment atau uang muka dengan cara sistem KPR. Dalam acara debat&#xD; terakhir Pilkada DKI Jakarta pada tanggal 10 Februari 2017, pasangan calon nomor urut&#xD; dua Djarot Saiful Hidayat melontarkan serangan tajam kepada pasangan Anies-Sandi&#xD; untuk tidak obral janji dan memberikan program yang sulit untuk direalisasikan.&#xD; Program tersebut menjadi viral hingga banyak mendapat cibiran dari masyarakat dan&#xD; peringatan dari sejumlah pihak terkait program tersebut.&#xD; Banyak media elektronik baik cetak, maupun online yang memberitakannya. Mediamedia&#xD; tersebut tentu saja memiliki pandangan yang berbeda-beda dan cara penyampaian&#xD; yang berbeda pula. Media online Detik.com dan Republika.co.id dipilih karena sering&#xD; kali terlihat berbeda pendapat dan memiliki cara penyampaian yang bertentangan. Jenis&#xD; penelitian ini adalah kualitatif dan berisfat deskriptif. Paradigma yang digunakan dalam&#xD; penelitian ini adalah konstruktivis. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis&#xD; framing dengan model dari Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Unit analisis&#xD; penelitian ini adalah 9 artikel yang diterbitkan oleh media online Detik.com dan&#xD; Republika.co.id yang membahas tentang program kampanye milik Anies-Sandi&#xD; &#x201C;Tawarkan rumah tanpa DP&#x201D; pada Pilkada DKI Jakarta 2017 periode 19 January sampai&#xD; 01 Maret 2017.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan diketahui bahwa Republika.co.id&#xD; dalam pemberitaanya membingkai dan memilih &#x201C;aktor&#x201D; pada beritanya yang lebih&#xD; menonjolkan pernyataan dari Anies-Sandi tanpa menyertakan pihak lain. Isi berita dari&#xD; Republika.co.id juga menekankan bahwa program tersebut dapat direalisasikan. Karena&#xD; hal itu Republika.co.id terlihat menutupi fakta dibalik permasalahan yang terjadi.&#xD; Sedangkan Detik.com memilih menunjukan sikap apa adanya dalam pemberitaan isu&#xD; program kampanye tersebut, pada isi artikel Detik.com telah melibatkan pendapat dari&#xD; pihak lain.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5200/5/HALAMAN%20AWAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5200/7/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5200/8/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5200/1/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5200/4/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5200/3/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5200/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5200/6/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Suryawaty, Jesica (2017) Konstruksi Pemberitaan Program Kampanye Anies-Sandi : Analisis Framing Berita "Tawarkan Rumah Tanpa Dp" Pada Media Online Detik.Com Dan Republika.Co.Id. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>5200</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Suryawaty, Jesica
title Konstruksi Pemberitaan Program Kampanye Anies-Sandi : Analisis Framing Berita "Tawarkan Rumah Tanpa Dp" Pada Media Online Detik.Com Dan Republika.Co.Id
title_sub Analisis Framing Berita "Tawarkan Rumah Tanpa Dp" Pada Media Online Detik.Com Dan Republika.Co.Id
publishDate 2017
topic H Social Sciences
P87-96 Communication. Mass media
P99.7 Framing Analysis
url http://kc.umn.ac.id/5200/5/HALAMAN%20AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/5200/7/BAB%20I.pdf
http://kc.umn.ac.id/5200/8/BAB%20II.pdf
http://kc.umn.ac.id/5200/1/BAB%20III.pdf
http://kc.umn.ac.id/5200/4/BAB%20IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/5200/3/BAB%20V.pdf
http://kc.umn.ac.id/5200/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/5200/6/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/5200/
contents Sebagai Cagub-Cawagub urut-3 DKI Jakarta 2017, Anies-Sandi menyediakan berbagai program kampanye. Salah satunya mereka menawarkan program kepemilikan rumah tanpa down payment atau uang muka dengan cara sistem KPR. Dalam acara debat terakhir Pilkada DKI Jakarta pada tanggal 10 Februari 2017, pasangan calon nomor urut dua Djarot Saiful Hidayat melontarkan serangan tajam kepada pasangan Anies-Sandi untuk tidak obral janji dan memberikan program yang sulit untuk direalisasikan. Program tersebut menjadi viral hingga banyak mendapat cibiran dari masyarakat dan peringatan dari sejumlah pihak terkait program tersebut. Banyak media elektronik baik cetak, maupun online yang memberitakannya. Mediamedia tersebut tentu saja memiliki pandangan yang berbeda-beda dan cara penyampaian yang berbeda pula. Media online Detik.com dan Republika.co.id dipilih karena sering kali terlihat berbeda pendapat dan memiliki cara penyampaian yang bertentangan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan berisfat deskriptif. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivis. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis framing dengan model dari Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Unit analisis penelitian ini adalah 9 artikel yang diterbitkan oleh media online Detik.com dan Republika.co.id yang membahas tentang program kampanye milik Anies-Sandi “Tawarkan rumah tanpa DP” pada Pilkada DKI Jakarta 2017 periode 19 January sampai 01 Maret 2017. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan diketahui bahwa Republika.co.id dalam pemberitaanya membingkai dan memilih “aktor” pada beritanya yang lebih menonjolkan pernyataan dari Anies-Sandi tanpa menyertakan pihak lain. Isi berita dari Republika.co.id juga menekankan bahwa program tersebut dapat direalisasikan. Karena hal itu Republika.co.id terlihat menutupi fakta dibalik permasalahan yang terjadi. Sedangkan Detik.com memilih menunjukan sikap apa adanya dalam pemberitaan isu program kampanye tersebut, pada isi artikel Detik.com telah melibatkan pendapat dari pihak lain.
id IOS6965.5200
institution Universitas Multimedia Nusantara
institution_id 355
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara
library_id 306
collection Knowledge Center UMN
repository_id 6965
subject_area Business/Bisnis
Communication/Komunikasi
Art Apreciation/Apresiasi Seni
Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
city TANGERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6965
first_indexed 2019-04-04T01:23:13Z
last_indexed 2019-04-04T01:23:13Z
recordtype dc
_version_ 1683865404633513984
score 17.538404