Analisis pengaruh perceived benefit dan perceived sacrifice terhadap purchase intention, melalui perceived value (suatu tudi pada perilaku konsumen ford new fiesta di Indonesia)
Main Author: | Purkarsa, Franki |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/519/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/519/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/519/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/519/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/519/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/519/6/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/519/7/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/519/ |
Daftar Isi:
- Pembangunan di setiap bidang membutuhkan sarana transportasi yang memadai untuk memfasilitasi aktifitas masyarakat terutama transportasi darat. Transportasi darat didukung oleh produsen otomotif yang menyediakan beragam mobil dalam kisaran harga, model dan spesikasi yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Para produsen otomotif berlomba-lomba untuk menciptakan kendaraan yang dapat menarik perhatian konsumen, salah satu daya tarik yang mendapatkan perhatian adalah teknologi otomotif yang terdapat pada kendaraan yaitu Car Infotainment System (CIS). Dalam melakukan pembelian mobil konsumen akan mempertimbangkan beberapa hal seperti harga, tampilan, fungsi atau fitur, keamanan, serta value dari sebuah mobil. Dengan begitu hal ini terkait juga dengan CIS. CIS menjadi salah satu faktor penting konsumen dalam pertimbangan untuk melakukan pembelian produk mobil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived benefit dan perceived sacrifice yang dirasakan konsumen terhadap minat pembelian konsumen terkait dengan CIS yang terdapat di dalam mobil Ford New Fiesta. Model teoritis penelitian dalam penelitian ini menggunakan model replikasi dari penelitian Chang et al. (2011) disampaikan dengan 5 hipotesis yang akan di uji menggunakan Structural Equation Model. Sampel penelitian ini adalah 144 responden laki – laki atau perempuan dengan usia minimal 17 tahun, yang sudah mempunyai SIM A (mobil), dengan segala jenis pekerjaan, mengetahui mobil Ford New Fiesta yang berteknologi CIS dan pernah mencari informasi mengenai mobil yang berteknologi CIS merek lainnya, juga sudah pernah melakukan test drive mobil Ford New Fiesta dan juga mobil berteknologi CIS merek lainnya dalam kurun waktu 3 bulan terakhir, belum pernah membeli mobil Ford New Fiesta, dan memiliki anggaran untuk membeli mobil berikutnya dengan uang yang berkisar minimal Rp.201,000,000 atau lebih. Hasil analisis menunjukkan bahwa Perceived Usefulness dan Perceived Driving Safety berpengaruh positif terhadap Purchase Intention, Perceived Risk berpengaruh negatif terhadap Purchase Intention melalui Perceived Value, namun tidak ditemukan pengaruh pada Perceived Price terhadap Purchase Intention.