ctrlnum 5172
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/5172/</relation><title>Model Bisnis Portal Berita Baru: Studi Kasus Pada Perusahaan Portal Berita Online Tirto Dan Rappler</title><creator>Bijakharisman, Ahmad</creator><subject>HF5001-6182 Business</subject><subject>PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc.</subject><subject>PN4840 Online Journalism</subject><description>Media baru muncul seiring dengan perkembangan yang pesat di bidang&#xD; teknologi komunikasi. Konsep sederhana dari media baru ialah sebuah media interaktif&#xD; yang bekerja menggunakan perangkat dasar sebuah komputer atau gadget. Media baru&#xD; muncul diakibatkan inovasi teknologi dalam bidang media seperti televisi kabel, satelit,&#xD; teknologi optic fiber dan komputer, dengan demikian para pengguna media baru dapat&#xD; membuat pilihan terhadap informasi yang ia inginkan atau membuat suatu produk&#xD; media secara beragam&#xD; Portal berita online menjadi salah satu bagian dari media baru. Definisi dari&#xD; portal berita online yaitu berupa platform yang mengacu pada sistem informasi yang&#xD; berisikan pemberitaan atau informasi, bertujuan untuk disebarluaskan kepada khalayak&#xD; yang terhubung dengan perangkat komputer.&#xD; Peningkatan pengguna membuat peluang bisnis yang sangat besar untuk&#xD; menggarap sektor portal berita online. Mulai 2008 banyak portal online bermunculan&#xD; seperti KapanLagi.com, MalesBanget.com pada 2011, dan beritagar.co.id pada 2015.&#xD; terdapat dua media online yang baru berdiri yaitu Rappler Indonesia pada 2015 dan&#xD; Tirto pada awal 2016, kedua portal berita online baru ini menjadi objek di dalam&#xD; penelitian ini.&#xD; Untuk dapat bersaing antara portal berita online yang ada, perusahaan portal&#xD; berita online harus memiliki model bisnis yang sesuai dengan perkembangan platform&#xD; media yang ada. Karena model bisnis cukup penting dalam keberlangsungan berdirinya&#xD; portal berita online. pada penelitian ini peneliti melihat model bisnis dari empat aspek&#xD; yaitu model konten, model distribusi, model pemasaran dan model pendapatan.&#xD; Berdasarkan uraian di atas, peneliti memfokuskan penelitian kepada model&#xD; bisnis portal berita online. Peneliti tertarik untuk tahu model bisnis seperti apa yang&#xD; diterapkan oleh portal berita online untuk bersaing menghadapi portal berita online&#xD; lainnya.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5172/5/HALAMAN%20AWAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5172/6/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5172/7/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5172/1/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5172/2/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5172/4/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5172/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5172/3/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Bijakharisman, Ahmad (2017) Model Bisnis Portal Berita Baru: Studi Kasus Pada Perusahaan Portal Berita Online Tirto Dan Rappler. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>5172</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Bijakharisman, Ahmad
title Model Bisnis Portal Berita Baru: Studi Kasus Pada Perusahaan Portal Berita Online Tirto Dan Rappler
publishDate 2017
topic HF5001-6182 Business
PN4699-5650 Journalism. The periodical press
etc
PN4840 Online Journalism
url http://kc.umn.ac.id/5172/5/HALAMAN%20AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/5172/6/BAB%20I.pdf
http://kc.umn.ac.id/5172/7/BAB%20II.pdf
http://kc.umn.ac.id/5172/1/BAB%20III.pdf
http://kc.umn.ac.id/5172/2/BAB%20IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/5172/4/BAB%20V.pdf
http://kc.umn.ac.id/5172/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/5172/3/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/5172/
contents Media baru muncul seiring dengan perkembangan yang pesat di bidang teknologi komunikasi. Konsep sederhana dari media baru ialah sebuah media interaktif yang bekerja menggunakan perangkat dasar sebuah komputer atau gadget. Media baru muncul diakibatkan inovasi teknologi dalam bidang media seperti televisi kabel, satelit, teknologi optic fiber dan komputer, dengan demikian para pengguna media baru dapat membuat pilihan terhadap informasi yang ia inginkan atau membuat suatu produk media secara beragam Portal berita online menjadi salah satu bagian dari media baru. Definisi dari portal berita online yaitu berupa platform yang mengacu pada sistem informasi yang berisikan pemberitaan atau informasi, bertujuan untuk disebarluaskan kepada khalayak yang terhubung dengan perangkat komputer. Peningkatan pengguna membuat peluang bisnis yang sangat besar untuk menggarap sektor portal berita online. Mulai 2008 banyak portal online bermunculan seperti KapanLagi.com, MalesBanget.com pada 2011, dan beritagar.co.id pada 2015. terdapat dua media online yang baru berdiri yaitu Rappler Indonesia pada 2015 dan Tirto pada awal 2016, kedua portal berita online baru ini menjadi objek di dalam penelitian ini. Untuk dapat bersaing antara portal berita online yang ada, perusahaan portal berita online harus memiliki model bisnis yang sesuai dengan perkembangan platform media yang ada. Karena model bisnis cukup penting dalam keberlangsungan berdirinya portal berita online. pada penelitian ini peneliti melihat model bisnis dari empat aspek yaitu model konten, model distribusi, model pemasaran dan model pendapatan. Berdasarkan uraian di atas, peneliti memfokuskan penelitian kepada model bisnis portal berita online. Peneliti tertarik untuk tahu model bisnis seperti apa yang diterapkan oleh portal berita online untuk bersaing menghadapi portal berita online lainnya.
id IOS6965.5172
institution Universitas Multimedia Nusantara
institution_id 355
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara
library_id 306
collection Knowledge Center UMN
repository_id 6965
subject_area Business/Bisnis
Communication/Komunikasi
Art Apreciation/Apresiasi Seni
Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
city TANGERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6965
first_indexed 2019-04-04T01:23:13Z
last_indexed 2019-04-04T01:23:13Z
recordtype dc
_version_ 1683865404519219200
score 17.538404