Indeks Kredibilitas Media Online: Studi Deskriptif Kredibilitas Media Online Di Jakarta Di Mata Generasi Millennial
Main Author: | Catherine, Yessica |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/5168/5/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/5168/1/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/5168/4/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/5168/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/5168/1/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/5168/2/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/5168/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/5168/6/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/5168/ |
Daftar Isi:
- Media online menjadi salah satu media yang digunakan untuk memperoleh informasi. Dengan munculnya media online mempermudah setiap orang untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan, Namun, saat ini media menjadi kurang dipercaya oleh masyarakat. Hal ini terjadi karena beredarnya isu hoax dikalangan masyarakat Kurangnya kredibilitas pemberitaan di media online terjadi karena masyarakat saat ini membutuhkan kecepatan dalam pemberitaan sehingga jurnalis online berasumsi bahwa kecepatan berita merupakan hal yang penting dalam pemberitaan di media online. Kredibilitas media dalam sebuah berita dinilai sangat penting karena kredibilitas dapat dilihat sebagai poin utama agar masyarakat dapat mempercayai sebuah media. Seperti dalam teori Hovland, Janis & Kelly yang digunakan dalam penelitian ini, dikatakan bahwa penerima pesan atau informasi lebih mungkin untuk diyakinkan ketika sumber yang digunakan adalah sumber yang kredibel. Maka, kredibilitas merupakan faktor yang sangat penting agar masyarakat dapat mempercayai media tersebut. Melalui penelitian ini, masyarakat generasi millennial sebagai audiens menilai faktor apa saja yang menentukan tinggi atau rendahnya kredibilitas enam media populer di Indonesia menurut data dari Alexa.com, yaitu Tribunnews.com, Detik.com, Liputan6.com, Kumparan.com, Suara.com, dan Tirto.id. Penilaian akan dilakukan dengan menggunakan lima dimensi multidimensional kredibilitas media dari Flanagin & Metzger yaitu believability, accuracy, trustworthiness, bias, dan completeness. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis kuantitatif dan bersifat deskriptif. Pengumpulan data penilaian generasi millennial tersebut dilakukan dengan menggunakan teknik survei kepada 400 orang responden. Hasil dari penelitian ini adalah dimensi completeness dan trustworthiness merupakan faktorfaktor penting dalam menentukan kredibilitas media dan secara keseluruhan jika dilihat dari kelima dimensi, Detik.com merupakan media yang paling kredibel.