Pemaknaan Khalayak Terhadap Reality Show Karma Antv: Kajian Analisis Resepsi Terhadap Khalayak Di Jakarta

Main Author: Hardy, Stella
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/5160/1/STELLA%20HARDY%2014140110139.pdf
http://kc.umn.ac.id/5160/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas reality show Karma di ANTV yang selama berbulan-bulan memperoleh share tertinggi di antara program acara televisi nasional lainnya. Keunikan Karma adalah tayangan tersebut mengandung unsur-unsur mistis, namun tidak tergolong tayangan mistis. Penelitian ini hendak menjawab bagaimana khalayak yang rutin menonton Karma memaknai tayangan tersebut berdasarkan faktor-faktor sosial dan budaya yang mempengaruhinya. Konsep yang dikaitkan dengan penelitian ini antara lain cultural studies, studi resepsi khalayak, dan komunikasi budaya. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis resepsi. Hasil dari penelitian ini adalah pemaknaan khalayak yang digolongkan ke dalam tiga posisi, yaitu posisi dominan-hegemonis, posisi negosiasi, dan posisi oposisi. Ditemukan bahwa latar belakang sosial budaya yang mempengaruhi pemaknaan khalayak antara lain riwayat keagamaan, intensitas beribadah, kebiasaan menonton televisi, pengalaman hidup berkaitan dengan dunia spiritual, dan kedekatan informan dengan lingkungan/ organisasi sosialnya.