Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan yang semakin pesat pada Startup di Indonesia, Ruangguru yang menjadi salah satu startup di bidang pendidikan Indonesia menggunakan media sosial instagram untuk memasarkan produknya. Salah satu strategi yang kreatif dalam meningkatkan citra produk adalah dengan menggunakan brand ambassador sebagai ikon atau representasi dari sebuah Startup. Dalam hal ini Ruangguru mengangkat Iqbaal Ramadhan sebagai brand ambassador untuk meningkatkan brand image Ruangguru bahwa “Belajar itu keren di Ruangguru”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari brand ambassador Iqbaal Ramadhan terhadap brand image Ruangguru dengan menggunakan konsep visibility, credibility, attraction, dan power dari brand ambassador. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis eksplanatif dan menggunakan metode survei kepada 400 responden yang merupakan followers instagram ruangguru. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa brand ambassador berpengaruh signifikan sebesar 56,4% terhadap brand image Ruangguru, sedangkan 43,6% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.