ctrlnum 5138
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/5138/</relation><title>Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Literasi Media Sosial Pada Generasi Z</title><creator>Irfan, Muhammad Yusuf</creator><subject>H Social Sciences</subject><subject>P87-96 Communication. Mass media</subject><subject>ZA4050-4775 Information in specific formats or media</subject><description>Perkembangan teknologi mempermudah pengguna media sosial dalam&#xD; berpartisipasi, berbagi, menciptakan dan menerima informasi. Hal ini&#xD; mengakibatkan pengguna media sosial memiliki pengaruh dalam penyebaran&#xD; informasi. Di era pertumbuhan informasi, masyarakat perlu membangun sikap kritis&#xD; dalam menanggapai informasi di media sosial Instagram, sehingga pengguna&#xD; Instagram mampu membedakan mana pesan yang benar atau tidak. Salah satunya&#xD; generasi Z di kota Tangerang menjadi salah satu daerah yang perlu mengoptimalkan&#xD; dalam kemampuan literasi media sosial.&#xD; Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bersifat eksplanatif,&#xD; peneliti ingin mengetahui pengaruh penggunaan Instagram dan mengetahui&#xD; kemampuan literasi media sosial. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah&#xD; teori media effect. Teori ini menjelaskan bahwa terdapat efek yang ditimbulkan dari&#xD; media, sehingga setiap orang memiliki kemampuan literasinya masing-masing.&#xD; Berdasarkan penelitian terhadap 400 orang generasi Z di kota Tangerang yang&#xD; diperoleh menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 0,05. Hasil dari&#xD; penelitian ini yaitu diperoleh pengaruh sebesar 31% diperoleh pengaruh sebesar&#xD; 31%, sementara 69% lainnya dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.&#xD; Responden masih memiliki pendidikan yang rendah dalam penggunaan media&#xD; sosial tertentu atau literasi media sosial.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5138/7/HALAMAN%20AWAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5138/1/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5138/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5138/3/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5138/6/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5138/5/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5138/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5138/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Irfan, Muhammad Yusuf (2018) Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Literasi Media Sosial Pada Generasi Z. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>5138</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Irfan, Muhammad Yusuf
title Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Literasi Media Sosial Pada Generasi Z
publishDate 2018
topic H Social Sciences
P87-96 Communication. Mass media
ZA4050-4775 Information in specific formats or media
url http://kc.umn.ac.id/5138/7/HALAMAN%20AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/5138/1/BAB%20I.pdf
http://kc.umn.ac.id/5138/4/BAB%20II.pdf
http://kc.umn.ac.id/5138/3/BAB%20III.pdf
http://kc.umn.ac.id/5138/6/BAB%20IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/5138/5/BAB%20V.pdf
http://kc.umn.ac.id/5138/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/5138/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/5138/
contents Perkembangan teknologi mempermudah pengguna media sosial dalam berpartisipasi, berbagi, menciptakan dan menerima informasi. Hal ini mengakibatkan pengguna media sosial memiliki pengaruh dalam penyebaran informasi. Di era pertumbuhan informasi, masyarakat perlu membangun sikap kritis dalam menanggapai informasi di media sosial Instagram, sehingga pengguna Instagram mampu membedakan mana pesan yang benar atau tidak. Salah satunya generasi Z di kota Tangerang menjadi salah satu daerah yang perlu mengoptimalkan dalam kemampuan literasi media sosial. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bersifat eksplanatif, peneliti ingin mengetahui pengaruh penggunaan Instagram dan mengetahui kemampuan literasi media sosial. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori media effect. Teori ini menjelaskan bahwa terdapat efek yang ditimbulkan dari media, sehingga setiap orang memiliki kemampuan literasinya masing-masing. Berdasarkan penelitian terhadap 400 orang generasi Z di kota Tangerang yang diperoleh menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 0,05. Hasil dari penelitian ini yaitu diperoleh pengaruh sebesar 31% diperoleh pengaruh sebesar 31%, sementara 69% lainnya dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Responden masih memiliki pendidikan yang rendah dalam penggunaan media sosial tertentu atau literasi media sosial.
id IOS6965.5138
institution Universitas Multimedia Nusantara
institution_id 355
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara
library_id 306
collection Knowledge Center UMN
repository_id 6965
subject_area Business/Bisnis
Communication/Komunikasi
Art Apreciation/Apresiasi Seni
Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
city TANGERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6965
first_indexed 2019-04-04T01:23:13Z
last_indexed 2019-04-04T01:23:13Z
recordtype dc
_version_ 1683865404014854145
score 17.538404