Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Literasi Media Sosial Pada Generasi Z
Main Author: | Irfan, Muhammad Yusuf |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/5138/7/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/5138/1/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/5138/4/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/5138/3/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/5138/6/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/5138/5/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/5138/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/5138/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/5138/ |
ctrlnum |
5138 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/5138/</relation><title>Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Literasi Media Sosial Pada Generasi Z</title><creator>Irfan, Muhammad Yusuf</creator><subject>H Social Sciences</subject><subject>P87-96 Communication. Mass media</subject><subject>ZA4050-4775 Information in specific formats or media</subject><description>Perkembangan teknologi mempermudah pengguna media sosial dalam
berpartisipasi, berbagi, menciptakan dan menerima informasi. Hal ini
mengakibatkan pengguna media sosial memiliki pengaruh dalam penyebaran
informasi. Di era pertumbuhan informasi, masyarakat perlu membangun sikap kritis
dalam menanggapai informasi di media sosial Instagram, sehingga pengguna
Instagram mampu membedakan mana pesan yang benar atau tidak. Salah satunya
generasi Z di kota Tangerang menjadi salah satu daerah yang perlu mengoptimalkan
dalam kemampuan literasi media sosial.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bersifat eksplanatif,
peneliti ingin mengetahui pengaruh penggunaan Instagram dan mengetahui
kemampuan literasi media sosial. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teori media effect. Teori ini menjelaskan bahwa terdapat efek yang ditimbulkan dari
media, sehingga setiap orang memiliki kemampuan literasinya masing-masing.
Berdasarkan penelitian terhadap 400 orang generasi Z di kota Tangerang yang
diperoleh menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 0,05. Hasil dari
penelitian ini yaitu diperoleh pengaruh sebesar 31% diperoleh pengaruh sebesar
31%, sementara 69% lainnya dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.
Responden masih memiliki pendidikan yang rendah dalam penggunaan media
sosial tertentu atau literasi media sosial.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5138/7/HALAMAN%20AWAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5138/1/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5138/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5138/3/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5138/6/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5138/5/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5138/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5138/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Irfan, Muhammad Yusuf (2018) Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Literasi Media Sosial Pada Generasi Z. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>5138</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Irfan, Muhammad Yusuf |
title |
Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Literasi Media Sosial Pada Generasi Z |
publishDate |
2018 |
topic |
H Social Sciences P87-96 Communication. Mass media ZA4050-4775 Information in specific formats or media |
url |
http://kc.umn.ac.id/5138/7/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/5138/1/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/5138/4/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/5138/3/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/5138/6/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/5138/5/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/5138/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/5138/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/5138/ |
contents |
Perkembangan teknologi mempermudah pengguna media sosial dalam
berpartisipasi, berbagi, menciptakan dan menerima informasi. Hal ini
mengakibatkan pengguna media sosial memiliki pengaruh dalam penyebaran
informasi. Di era pertumbuhan informasi, masyarakat perlu membangun sikap kritis
dalam menanggapai informasi di media sosial Instagram, sehingga pengguna
Instagram mampu membedakan mana pesan yang benar atau tidak. Salah satunya
generasi Z di kota Tangerang menjadi salah satu daerah yang perlu mengoptimalkan
dalam kemampuan literasi media sosial.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bersifat eksplanatif,
peneliti ingin mengetahui pengaruh penggunaan Instagram dan mengetahui
kemampuan literasi media sosial. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teori media effect. Teori ini menjelaskan bahwa terdapat efek yang ditimbulkan dari
media, sehingga setiap orang memiliki kemampuan literasinya masing-masing.
Berdasarkan penelitian terhadap 400 orang generasi Z di kota Tangerang yang
diperoleh menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 0,05. Hasil dari
penelitian ini yaitu diperoleh pengaruh sebesar 31% diperoleh pengaruh sebesar
31%, sementara 69% lainnya dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.
Responden masih memiliki pendidikan yang rendah dalam penggunaan media
sosial tertentu atau literasi media sosial. |
id |
IOS6965.5138 |
institution |
Universitas Multimedia Nusantara |
institution_id |
355 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara |
library_id |
306 |
collection |
Knowledge Center UMN |
repository_id |
6965 |
subject_area |
Business/Bisnis Communication/Komunikasi Art Apreciation/Apresiasi Seni Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika |
city |
TANGERANG |
province |
BANTEN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6965 |
first_indexed |
2019-04-04T01:23:13Z |
last_indexed |
2019-04-04T01:23:13Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1683865404014854145 |
score |
17.538404 |