Daftar Isi:
  • Dengan tingginya pengguna media sosial di Indonesia saat ini menjadikan masyarakat lebih aktif dalam mengkonsumsi berita atau informasi melalui platform tersebut. Saat ini YouTube menempati posisi tertinggi dalam media sosial yang paling sering diakses oleh masyarakat. Kehadiran YouTube sebagai media sosial yang berbasis audiovisual mengancam kehadiran radio sebagai media konvensional yang mengandalkan kekuatan audio. Sebagai radio yang telah menemani anak muda selama 46 tahun, Prambors FM memilih untuk memanfaatkan YouTube guna bertahan di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Prambors FM memanfaatkan media sosial YouTube. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan konsep Engaged Journalism yang kemudian hasilnya akan dijelaskan secara deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan diketahui bahwa Prambors FM memanfaatkan YouTube sebagai salah satu alat mereka untuk mengakomodir para audiensnya yang juga menggunakan media sosial. Dengan menggunakan YouTube sebagai perantaranya, maka Prambors FM dapat semakin mendekatkan dirinya dengan audiens serta semakin menanamkan brand image dari Prambors FM itu sendiri.