Penerapan Konvergensi Media Pada Media Anak: Studi Kasus Terhadap Majalah Bobo
Main Author: | Sherlita I., Carla |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/5104/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/5104/4/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/5104/2/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/5104/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/5104/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/5104/6/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/5104/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/5104/3/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/5104/ |
Daftar Isi:
- kan konvergensi media. Berangkat dari pemaparan mengenai penerapan konvergensi media pada media anak serta tahapan konvergensi kontinum yang diusung oleh Dailey, Demo dan Spillman (2003), peneliti meneliti lebih dalam penerapan konvergensi yang dilakukan oleh Bobo sebagai media anak. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah new media, konvergensi media, media anak, serta tahapan konvergensi kontinum oleh Dailey, Demo dan Spillman (2003). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, paradigma post-positivis, dan sifat deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa Bobo sebagai media anak menerapkan konvergensi media dengan menciptakan Bobo.id dan empat platform media sosial, yaitu Facebook, Youtube, Instagram, dan Twitter. Dalam penerapan konvergensi kontinum, Bobo melakukan empat dari lima tahapan, yaitu cross-promotion, cloning, coopetition, dan content-sharing, tetapi tidak melakukan konvergensi penuh.