pengukuran layanan teknologi informasi dengan menggunakan kerangka kerja itil pada pt gramedia asri media

Main Author: Pratama, Arya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/4934/1/SKRIPSI%20ARYA%2014110310084.pdf
http://kc.umn.ac.id/4934/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini direncanakan untuk melakukan pengukuran pada PT Gramedia untuk mengetahui layanan TI pada perusahaan tersebut apakah sudah sesuai dengan best practice yang terdapat pada kerangka kerja ITIL V3, Service Operation. Adapun fokus dari Service Operation antara lain: Problem Management, Incident Management, Access Management, Request Fulfillment, dan Event Management. Pengukuran dilakukan dengan 4 tahap, antara lain: Perencanaan, Pemeriksaan Lapangan, Pelaporan, dan Tindak Lanjut. Hasil dari pengukuran ini adalah menemukan tingkat kematangan atas implementasi layanan TI. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner ke 5 responden dan melakukan wawancara kepada Head of Technical Services and Help Desk. Hasil yang didapat tingkat kematangan layanan TI perusahaan berhenti di level 1 (Initial Level). Penelitian ini juga menghasilkan 70 rekomendasi yang diberikan untuk perusahaan, agar dapat meningkatkan layanan TI mereka. Berdasarkan hasil tindak lanjut yang dilakukan, hampir seluruhnya rekomendasi yang diberikan kepada perusahaan diterima dengan baik, dan juga beberapa rekomendasi diantaranya telah dilakukan pada PT Gramedia, namun tentu saja dengan concern yang diperoleh melalui adanya penelitian ini, akan memberikan keinginan untuk perbaikan layanan dan performa divisi TI kedepannya.