desain user interface dan pengujian usability system untuk meningkatkan tampilan aplikasi mobile jasaku berbasis android
Main Author: | Stefanny, Stefanny |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/4901/1/bab%20i.pdf http://kc.umn.ac.id/4901/2/bab%20ii.pdf http://kc.umn.ac.id/4901/3/bab%20iv.pdf http://kc.umn.ac.id/4901/4/bab%20iii.pdf http://kc.umn.ac.id/4901/5/bab%20v.pdf http://kc.umn.ac.id/4901/5/daftar%20pustaka.pdf http://kc.umn.ac.id/4901/6/halaman%20awal.pdf http://kc.umn.ac.id/4901/ |
Daftar Isi:
- Berkembangnya teknologi membuat munculnya berbagai ilmu yang masih terkait didalamnya, salah satu diantaranya yaitu perancangan antarmuka pengguna (User Interface) atau yang saat ini lebih dikenal dengan nama interaksi manusia dan komputer. Secara garis besar, User Interface bermanfaat sebagai jembatan penghubung atau penterjemah informasi yang dapat dipahami pengguna dan sistem sehingga perangkat yang hendak kita gunakan (baik itu desktop atau smartphone) dapat berjalan dengan semestinya. Dalam melakukan desain User Interface, dibutuhkan keseimbangan antara fungsi teknis dan elemen visualnya sehingga tercipta sebuah sistem yang bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Task-Centered System Design (TCSD) merupakan metode yang biasanya digunakan untuk mendeskripsikan kebutuhan serta pekerjaan pengguna. Hasil deskripsi ini nantinya akan menjadi dasar dalam merancang antarmuka (UI) yang disertai dengan dukungan metode tambahan seperti observasi atau wawancara dengan pengguna. TCSD sendiri memiliki fokus utama yaitu perancangan konten serta tampilan informasi yang hendak ditunjukkan. Didalam proses terdapat 4 Tahap, yaitu identification, User-Centered Requirements Analysis, design as scenario, dan Evaluate via Task-Centered Walkthroughs. Penggunaan metode System Usability Scale digunakan untuk menghitung nilai Usability sebuah aplikasi. Adapun cara menghitung nilai dari hasil survei yang telah dilakukan yaitu pertanyaan bernomor ganjil = nilai dari evaluator – 1, Untuk pertanyaan bernomor genap = 5 – nilai dari evaluator, total dari hasil diatas dikalikan 2.5 sehingga didapat hasil yang maksimal, yaitu 100. Setelah menerapkan metode SUS pada penghitungan nilai aplikasi Jasaku dan prototip Jasaku, didapatkan hasil dimana prototip Jasaku lebih unggul 7,41% bila dibandingkan dengan aplikasi yang ada saat ini.