Rancang Bangun Aplikasi E-Complaint Berbasis Web Dengan Algoritma Naive Bayes Classifier Untuk Klasifikasi Keluhan (Studi Kasus: Universitas Multimedia Nusantara)

Main Author: Ferdina, Vannia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/4857/1/SKRISPI%20-%20Vannia%20Ferdina%20-%2013110110052.pdf
http://kc.umn.ac.id/4857/
Daftar Isi:
  • Dalam konteks universitas, keluhan merupakan bentuk umpan balik dari mahasiswa yang penting untuk diperhatikan dalam upaya menghadapi persaingan dalam industri pendidikan tinggi. Di Universitas Multimedia Nusantara, mahasiswa dapat menyampaikan keluhan melalui organisasi Dewan Keluarga Besar Mahasiswa (DKBM) UMN. Namun, berdasarkan studi fisibilitas yang dilakukan, tingkat kepuasan mahasiswa terhadap sistem penyampaian keluhan yang ada hanya mencapai tingkat cukup. Dari sisi DKBM UMN, keluhan yang masuk masih dikelola dan diklasifikasikan secara manual ke dalam kategori-kategori yang telah ditetapkan dan belum dapat berjalan secara maksimal. Untuk memudahkan pengelolaan keluhan, dilakukan perancangan dan pembangunan aplikasi ecomplaint berbasis web dengan algoritma Naive Bayes Classifier untuk klasifikasi keluhan. Hasil pengujian membuktikan bahwa algoritma Naive Bayes Classifier dapat mengklasifikasi keluhan dengan nilai precision sebesar 91.86%, recall sebesar 84.48%, f-1 score sebesar 86.29%, dan nilai rata-rata akurasi sebesar 86%. Selain itu, pengujian aplikasi terhadap DKBM UMN dan mahasiswa UMN membuktikan bahwa aplikasi e-complaint dapat memudahkan pengelolaan keluhan dan memudahkan mahasiswa dalam mengajukan keluhan.