Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Algoritma Fisher-Yates Shuffle (Studi Kasus: Mata Kuliah Logika Pemrograman)
Main Author: | Sari, Nesha Viatika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/4843/2/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/4843/5/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/4843/7/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/4843/8/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/4843/1/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/4843/4/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/4843/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/4843/6/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/4843/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan yang efektif merupakan pendidikan yang memungkinkan peserta didik dapat belajar dengan mudah, menyenangkan dan dapat mencapai tujuan yang sesuai dengan harapan. Oleh sebab itu, pendidik dituntut untuk dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran agar pembelajaran tersebut dapat berguna. Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu metode pembelajaran yang menggunakan pendekatan student centered yang sangat efektif dan inovatif dalam membantu siswa memperoleh keterampilan belajar, komunikasi, meningkatkan pemahaman, dan penguasaan konsep (Tran & Lewis, 2012). Penerapan metode pembelajaran kooperatif pada penelitian ini menggunakan tipe Jigsaw. Dimana metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang dapat mendorong siswa untuk lebih aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal (Isjoni, 2010). Tidak hanya menggunakan metode tipe Jigsaw, dalam penelitian ini juga menggunakan algoritma Fisher-Yates Shuffle untuk mendukung dalam pembentukan kelompok Jigsaw secara acak, cepat, dan efektif. Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sudah berhasil dibangun dengan mengimplementasikan algoritma Fisher-Yates Shuffle berbasis website. Dosen ataupun pengajar dapat mengakses website menggunakan laptop atau desktop, sedangkan siswa dapat mengakses website dengan menggunakan mobile phone karena website cooperative learning memiliki tampilan user friendly dan mobile friendly. Dari nilai rata-rata yang sudah dihitung, metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan nilai siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional.