Daftar Isi:
  • Perkembangan tumbuh otak anak dapat dioptimalkan dengan melakukan pengenalan terhadap sesuatu. Pembelajaran Belajar mengenali pengenalan hewan merupakan salah satu metode untuk merangsang agar otak anak berimajinasi untuk meningkatkan perkembangan otak. Akan tetapi, anak-anak cenderung ingin menghabiskan waktunya untuk bermain dan menjadi tidak fokus untuk melakukan pengenalan terhadap hewan karena media pembelajarannya kurang menarik dan kurang interaktif. Oleh karena itu, sebuah aplikasi dirancang dan dibangun agar dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran pengenalan terhadap hewan. Aplikasi ini dibangun dalam bentuk mobile game dengan animasi dan tampilan yang menarik untuk meningkatkan minat belajar anak mengenai hewan. Selain itu, algoritma shuffle fisher-yates telah berhasil diimplementasikan untuk pengacakan gambar pada puzzle, pengacakan untuk pilihan jawaban pada puzzle menebak gambar, pengacakan untuk memilih pemilihan hewan yang akan dijual, pengacakan makanan yang akan diberikan kepada hewan, dan pengacakan posisi awal untuk membuat pattern pada puzzle rescue rare animal. Setelah implementasi dan proses pengujian yang dilakukan metode game terbukti dapat meningkatkan minat anak menjadi 4,18 dalam index pengukuran minat ARCS dibandingkan metode textbook dengan index 2,74.