Rancang Bangun Aplikasi Market Basket Analysis Dengan Menggunakan Algoritma Fp-Growth (Studi Kasus: D’store Gaming)
Main Author: | Kurniawan, Alvin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/4792/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/4792/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/4792/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/4792/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/4792/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/4792/6/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/4792/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/4792/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/4792/ |
Daftar Isi:
- Persaingan bisnis retail sudah semakin sengit, sehingga dibutuhkan strategi bisnis dalam bersaing. Pada umumnya data penjualan belum digunakan secara optimal. Tidak terkecuali toko aksesoris komputer D'Store Gaming yang hanya menggunakan data penjualan sebagai laporan penjualan. Data penjualan dapat dianalisis menggunakan Market Basket Analysis sehingga didapatkan informasi yang dapat digunakan dalam pembentukan strategi bisnis. Market Basket Analysis adalah metode dalam data mining yang berfokus pada pencarian pola data penjualan. Dalam penelitian ini algoritma yang digunakan dalam Market Basket Analysis adalah algoritma FP-Growth. Algoritma FP-Growth dipilih karena algoritma ini memiliki performa yang lebih cepat dalam menganalisis data penjualan D'Store Gaming dikarenakan jumlah barang rata-rata dalam setiap transaksi tidak lebih dari lima belas item. Uji coba dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data dummy untuk mengetahui bahwa perhitungan aplikasi sudah sesuai dengan kaidah-kaidah yang ada dalam algoritma FP-Growth dan menggunakan data penjualan D’Store Gaming untuk mengetahui frequent pattern dari data penjualan D’Store Gaming. Selain itu User Acceptance Testing juga dilakukan untuk mengetahui bahwa aplikasi sudah dianggap memenuhi kebutuhan pengguna aplikasi.