analisis pengaruh perceived usefulness, perceived ease of use, perceived credibility, dan the amount of information terhadap attitude toward mobile credit application serta implikasinya pada usage intention: telaah pada calon pengguna aplikasi kredivo

Main Author: Hosea, Yonathan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/4787/1/BAB%20I.pdf
http://kc.umn.ac.id/4787/1/BAB%20II.pdf
http://kc.umn.ac.id/4787/1/BAB%20III.pdf
http://kc.umn.ac.id/4787/2/BAB%20V.pdf
http://kc.umn.ac.id/4787/3/BAB%20IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/4787/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/4787/5/HALAMAN%20AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/4787/6/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/4787/
Daftar Isi:
  • Pertumbuhan pengguna internet telah merevolusi dunia bisnis dan merupakan awal mula dari era e-commerce yang mendorong inovasi metode pembayaran transaksi online. Salah satu metode pembayaran transaksi online tersebut adalah kartu kredit, tetapi di Indonesia sendiri penetrasi dan penggunaan kartu kredit sangat rendah. Hal ini menjadi peluang tersendiri bagi Kredivo yang akhirnya menjadi mobile credit application pertama di Indonesia. Maka penelitian ini akan membahas fator yang mempengaruhi usage intention dan attitude toward mobile credit application, mencakup perceived usefulness, perceived ease of use, perceived credibility, dan the amount of information on mobile credit application pada mobile credit application Kredivo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan metode nonprobability sampling memakai judgemental sampling. Terdapat 8 hipotesis yang akan diuji menggunakan structural equation modeling. Sampel penelitian berjumlah 135 responden dengan rentang umur 17-37 tahun, pernah berbelanja online dalam 6 bulan terakhir, mengetahui Kredivo pada salah satu merchant partner Kredivo, mengetahui fungsi dari Kredivo, berdomisili dimana layanan Kredivo tersedia, dan tidak pernah bertransaksi menggunakan Kredivo. Temuan pada penelitian ini menunjukan pengaruh antara perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap attitude toward mobile credit application, perceived ease of use terhadap perceived usefulness. Terdapat juga pengaruh antara perceived credibility, the amount of information on mobile credit application, dan attitude toward mobile credit application terhadap usage intention aplikasi Kredivo. Namun perceived usefulness ditemukan tidak memiliki pengaruh positif terhadap usage intention. Kesimpulan penelitian diambil berdasarkan 8 hipotesis penelitian dimana tidak semua sejalan dengan temuan. Sehingga saran yang diberikan adalah meningkatkan perceived usefulness dan perceived ease of use agar dapat meningkatkan usage intention melalui attitude toward mobile application dan juga lebih memperhatikan perceived credibility dan the amount of information on mobile credit card untuk meningkatkan usage intention.