analisis pengaruh subjective norm, health consciousness, environmental concern dan attitude towards organic food terhadap purchase intention telaah pada calon konsumen restoran burgreens
Main Author: | Oktavianie, Ria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/4775/1/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/4775/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/4775/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/4775/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/4775/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/4775/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/4775/6/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/4775/7/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/4775/ |
Daftar Isi:
- Pola hidup sehat yang semakin meningkat di Indonesia membuat banyak bisnis makanan dan minuman menawarkan konsep serupa. Salah satu perusahaan yang berdiri dengan konsep penerapan hidup sehat dengan membuka restoran makanan organik adalah Burgreens. Burgreens merupakan restoran dan katering pertama di Jakarta yanag berbasis makanan organik yang beroperasi sebagai perusahaan sosial. Walaupun semakin banyaknya restoran makanan sehat yang dikarenakan semakin meningkatnya pola hidup sehat, sedikit banyak yang masih belum mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi seseorang untuk membeli makanan organik. Oleh karena itu dalam penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah Subjective Norm, Health Consciousness, Environmental Concern dan Attitude Towards Organic Food berpengaruh terhadap Purchase Intention pada makanan organik calon konsumen restoran Burgreens. Model teoritis dalam penelitian ini disampaikan dengan 6 hipotesis yang akan diuji menggunakan Structural Equation Model. Sample dalam penelitian ini berjumlah 105 responden. Hasil analisis menunjukan bahwa subjective norm dan attitude toward organic food berpengaruh positif terhadap purchase intention. Selain itu health consciousness dan environmental concern berpengaruh positif terhadap attitude toward organic food. Namun ditemukan juga bahwa, health consciousness dan environmental concern tidak berpengaruh terhadap purchase intention. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari keenam hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, tidak semua hipotesis sesuai dengan hasil temuan penelitian sebelumnya. Sehingga berdasarkan kesimpulan tersebut, maka dapat disarankan bahwa Burgreens dapat lebih mengembangkan health consciousness dan environmental concern untuk dapat meningkatkan purchase intention towards organic food. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai faktor yang mempengaruhi seseorang dalam membeli makanan organik.