Daftar Isi:
  • Sistem informasi merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Sebuah sistem informasi dapat mendukung kegiatan operasional dengan cara menyediakan informasi - informasi yang dibutuhkan. Namun, sistem yang tidak sepenuhnya mendukung perusahaan dapat berdampak negatif atau merugikan perusahaan. Maka dari itu, perlu dilakukan tindakan yang dapat memastikan sistem informasi perusahaan benar - benar mendukung perusahaan. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah kegiatan pengukuran tata kelolah TI. PT XYZ merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang property mereka ingin melakukan penilaian terhadap tata kelola TI mereka. Untuk melakukan itu penulis menggunakan Framework COBIT 5.0 sebagai acuan dalam melakukan pengecekan. Sesuai dengan permintaan perusahaan proses yang akan diuji oleh penulis adalah Manage Service Agreements,Manage Change, Manage Operation, dan Manage Service Request and Incident. Setiap proses tersebut memiliki maksud dan tujuan yang berbeda dan setiap proses akan diukur menggunakan standar yang sudah ditetapkan oleh framework COBIT 5.0 yaitu capability Level. Tingkatan pada Capability Level yaitu level 0 sampai dengan level 5. Target yang ingin dicapai oleh PT XYZ adalah pada level 4. Namun, Hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan ekspetasi yaitu pada level 3 dan 2, sehingga perusahaan harus menjalankan perbaikan berdasarkan rekomendasi yang diberikan yang mendasar pada framework COBIT 5.0