Strategi presentasi diri calon presiden 2014 di media sosial twitter

Main Authors: Murwani, Endah, Siagian, Joice Carol
Format: Proceeding PeerReviewed Book Thesis
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Multimedia Nusantara , 2014
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/4561/1/ENDAH%20M%20-%20STRATEGI%20PRESENTASI%20DIRI%20CALON%20PRESIDEN%202014%20DI%20MEDIA%20SOSIAL%20TWITTER.pdf
http://kc.umn.ac.id/4561/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi dengan fenomena penggunaan media sosial oleh para politisi sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan konstituennya menjelang pemilihan umum 2014 dengan akunakun yang dimiliki. Twitter merupakan salah satu pilihan bagi para politisi untuk berkomunikasi dengan konstituennya. Fenomena komunikasi politik melalui penggunaan media twitter ini menarik untuk dikaji dengan teori presentasi diri dari Erving Goffman dan strategi presentasi diri dari Jones & Pittman. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah menggambarkan strategi presentasi diri para politisi calon presiden RI. Penelitian ini memilih 5 akun milik Prabowo Subianto, Aburizal Bakrie, Wiranto, GitaWirjawan dan Joko Widodo. Analisis isi secara kualitatif dilakukan terhadap profil dan twit-twit kelima akun tsb selama bulan Agustus-Oktober 2013. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa akun @wiranto1947 dan @aburizalbakrie cenderung menggunakan strategi self promotion dan examplification. @prabowo08 dan @GWirjawan menggunakan self promotion, examplification dan ingratiation. Sedangkan @jokowi_do2 menggunakan strategi examplification dan ingratiation. Penggunaan