Daftar Isi:
  • Berkembangnya teknologi telah mengakomodasi perusahaan untuk langsung bersentuhan dengan publiknya, salah satu teknologi yang dimanfaatkan adalah social media. Selain digunakan sebagai media komunikasi antara perusahaan dan publiknya, social media juga dimanfaatkan sebagai sarana untuk membangun customer engagement. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus pada PT XL Axiata, Tbk dengan judul “STRATEGI PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA DALAM UPAYA MEMBANGUN CUSTOMER ENGAGEMENT (STUDI KASUS: FACEBOOK FANPAGE XLRAME DAN AKUN TWITTER @XLCARE)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi penggunaan social media oleh PT XL AXIATA,Tbk dalam upaya membangun customer engagement. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini akan menjabarkan strategi social media yang dikemukakan oleh Deirdre Breakenridge yaitu model analisis Social Media Strategy Wheel yang mencakup beberapa aspek di dalamnya seperti Tracking and Monitoring Strategy, Distribution Strategy, Content Strategy, Engagement Strategy dan Measurement Strategy. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi social media yang di implementasikan oleh PT XL Axiata berhasil dalam membangun customer engagement yang pada saat ini berada pada tahap curation.