Strategi komunikasi internal dalam memperkuat employee engagement (studi kasus deskriptif program hotel novotel Lampung periode Agustus 2014 - 2016)
Main Author: | Tekila, Tekila |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/438/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/438/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/438/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/438/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/438/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/438/6/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/438/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/438/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/438/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pentingnya peranan komunikasi internal dalam memperkuat employee engagement. Banyaknya permasalahan dan tekanan yang dialami perusahaan dalam perjalanan bisnisnya, tidak jarang tekanan banyak ditimbulkan oleh faktor internal perusahaan yaitu ketenagakerjaan. Beberapa perusahaan menunjukkan bahwa apabila komunikasi internal yang baik terjadi di dalam sebuah perusahaan, maka employee engagement pun juga semakin tinggi yang diikuti dengan performa dan berkembangnya perusahaan. Begitu pula dengan Hotel Novotel Lampung yang masih dalam tahap memperkuat employee engagement. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: komunikasi organisasi, fungsi komunikasi organisasi, aliran informasi komunikasi organisasi, corporate communication, komunikasi internal, employee relations, dan employee engagement. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi internal Hotel Novotel Lampung dalam memperkuat employee engagement. Paradigma yang digunakan adalah post-positivis, dengan pendekatan kualitatifdeskriptif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen serta dikuatkan dengan triangulasi sumber yaitu praktisi yang ahli pada bidang corporate communications. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi internal Hotel Novotel Lampung dalam memperkuat employee engagement Periode Agustus 2014 - 2016 adalah menanamkan values perusahaan dengan mengkomunikasikan secara intens dan konsisten kepada seluruh karyawan. Employee engagement score pada tahun 2016 pun mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu mencapai 14%, namun perusahaan masih belum mengukur perilaku karyawan yang diharapkan dapat sesuai dengan values perusahaan.