Aktivitas online public relations dalam divisi business development pt berrybenka
Main Author: | Kusuma, Fifi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/4254/6/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/4254/5/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/4254/7/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/4254/1/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/4254/2/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/4254/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/4254/4/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/4254/ |
Daftar Isi:
- Keberlangsungan hidup suatu perusahaan tidak terlepas dari aktivitas komunikasi. Public Relations merupakan pihak yang menjadi perwakilan perusahaan dalam menjalin komunikasi dengan publik, baik internal maupun eksternal. Seiring dengan perkembangan tekonologi komunikasi dan informasi di abad ke-21, fungsi komunikasi Public Relations juga turut berkembang dan dapat dilakukan secara online yang dikenal dengan nama Online Public Relations. Strategi Online Public Relations kini telah menjadi salah satu kebutuhan PT Berrybenka dalam mengelola aktivitas komunikasi dan mengelola citranya secara online. Berbagai aktivitas publisitas dan publikasi informasi yang awalnya dilakukan menggunakan media tradisional telah dapat dilakukan dengan media baru (new media), seperti blog dan social media. Kondisi ini memudahkan terciptanya komunikasi dua arah antara perusahaan dengan publiknya secara langsung tanpa terbatas jarak dan waktu. Tugas yang diberikan selama praktik kerja magang pada divisi Business Development (Technology) adalah search engine optimization (optimisasi situs pencari) melalui kegiatan menulis konten/artikel untuk diposting dalam blog dan media online eksternal, melakukan social media management dan social media marketing, mengelola social media Twitter dan YouTube, melaksanakan online monitoring dan media relations, serta merumuskan pelaksanaan taxonomy implementation dan category structure. Berdasarkan praktik kerja magang yang dilakukan selama 96 hari kerja, terlihat bahwa divisi Business Development (Technology) merupakan divisi yang memerlukan Public Relations skill untuk menjalin relasi dengan publik. Beberapa skill utama yang dibutuhkan adalah PR Writing untuk menghasilkan konten berkualitas yang dapat menjadi sarana pertukaran opini antara perusahaan dan publik. Aktivitas komunikasi dua arah dioptimalkan dengan cara mengelola media sosial (social media management) yang sangat memudahkan proses komunikasi karena tidak terbatas jarak dan waktu. Hasil akhir dari seluruh aktivitas tersebut akan berpengaruh pada brand awareness dan brand image perusahaan. Pengalaman bekerja yang diperoleh selama praktik kerja magang sangat bermanfaat dalam melengkapi teori yang diperoleh dari materi perkuliahan.