Daftar Isi:
  • Semakin kompleksnya kebutuhan barang dan jasa mendorong semakin berkembangnya pula industri bisnis di Indonesia, salah satunya pergerakan bisnis di bidang jasa yaitu perhotelan. Persaingan bisnis perhotelan di Indonesia semakin kuat dan tentu membutuhkan strategi serta implementasi taktik yang tepat sehingga bisnis di bidang jasa ini tetap bertahan. Dengan demikian, profesi seorang Public Relations memiliki kedudukan yang sangat penting dan strategis karena dituntut untuk dapat mengemas pesan komunikasi secara kreatif sehingga dapat mengimplementasikan identitas perusahaan kepada publik. Mercure Serpong Alam Sutera juga menggunakan peran Public Relations untuk mendukung eksistensi perusahaan dalam hal menciptakan awareness publik tentang keberadaan hotel yang terbilang baru ini. Maka dari itu, Mercure Serpong Alam Sutera tidak menempatkan Public Relations bekerja sendiri namun bekerja sama dengan Sales & Marketing untuk mendukung penjualan, maka kedudukannya berada dalam divisi Sales & Marketing. Selama proses kerja magang berlangsung, penulis mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran mengenai penerapan Marketing Public Relations. Tidak hanya itu, penulis juga mengetahui peran-peran strategis Marketing Public Relations. Beberapa aktivitas yang dijalankan oleh penulis, seperti media relations, Sponsorship, Corporate Communications dan Customer Relations.