Daftar Isi:
  • Televisi sebagai salah satu media massa, kerap menyediakan berita hiburan dalam bentuk soft news atau feature. Daya Kishan Thussu dalam News and Entertainment (2007: 15) juga mengakui bahwa kisah mengenai selebriti dan human interest lebih mudah dipasarkan ketimbang berita mengenai politik atau isu kebijakan. Selama tanggal 1 Juli hingga 30 Agustus 2014, penulis bekerja sebagai Production Assistant (PA) di program Newstar yang ditayangkan KompasTv setiap Senin hingga Jumat pukul 8.00 WIB. Program yang berada di bawah divisi News Magazine & Documenter ini membahas dunia musik, berita artis dalam dan luar negeri, review film dan buku yang sedang tren, menjadi perhatian, dan buruan masyarakat. Selain itu, Newstar juga memberikan referensi acara musik, seni, teater, dan hal-hal seputar dunia hiburan dengan informatif. Meski bertugas sebagai PA, tugas penulis tidak berbeda seperti reporter. Sehari-hari penulis membuat paket berita yang berisi naskah dan video, serta kadang kala memberikan ide untuk liputan dan melakukan liputan. Naskah yang dibuat meliputi berita selebriti, review film dan buku, gaya hidup dan hal-hal terkait dunia hiburan lainnya. Selama bekerja, penulis menemukan beberapa kendala, antara lain jam tayang yang cukup sering berubah, hanya punya kesempatan untuk mengisi satu dari tiga segmen sehingga kurang punya kontrol terhadap berita segmen lain, serta keputusan produser untuk menaikkan berita yang kurang sesuai dengan segmentasi program. Meski begitu, melalui segmen ketiga Newstar, penulis mempunyai kesempatan untuk membuat tayangan entertainment yang tidak hanya menghibur, namun juga bermutu dan informatif. Oleh karena itu, penulis berkesimpulan bahwa program Newstar telah mampu memenuhi tujuan sejati program infotainment, serta selaras dengan visi misi KompasTv.