Analisis Pengaruh Self Image Congruency, Healthy Lifestyle, dan Appearance Consciousness Terhadap Behavioral Intention Melalui Attitude Toward Brand (Studi Pada Konsumen Eau Thermale Avene)

Main Author: Afifi, Sameer
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/405/1/BAB%20I.pdf
http://kc.umn.ac.id/405/2/BAB%20II.pdf
http://kc.umn.ac.id/405/3/BAB%20III.pdf
http://kc.umn.ac.id/405/4/BAB%20IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/405/5/BAB%20V.pdf
http://kc.umn.ac.id/405/6/HALAMAN%20AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/405/7/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/405/
Daftar Isi:
  • Perkembangan industri kecantikan yang semakin pesat, membuat perusahaan-perusahaan ataupun distributor-distributor produk kecantikan semakin memiliki peluang yang sangat besar. Salah satu perusahaan atau distributor produk kecantikan yang sedang berkembang pesat selama 10 tahun ini adalah PT. Mitra Langgeng Wicaksana yang merupakan distributor utama produk perawatan kecantikan kulit yang memiliki brand bernama Eau Thermale Avene. Selama 10 tahun Avene bersaing di Indonesia, dan kerap kali menghadapi permasalahan. Salah satu permasalahan yang kerap kali terjadi adalah tidak stabilnya angka penjualan produk perawatan kecantikan Avene setiap bulannya. Salah satu produk tersebut adalah produk perawatan anti aging Avene. Adapun permasalahan pada penelitian ini diajukan untuk mengetahui faktor pendorong apa saja yang dapat membuat para konsumen mau untuk melakukan pembelian kembali terhadap merek perawatan kulit Avene. Faktorfaktor yang ingin diketahui adalah apakah Beahvioral Intention para konsumen terhadap produk perawatan anti aging Avene dipengaruhi oleh Self Image Congruency, Healthy Lifestyle, Appearance Consciousness melalui Attitude Toward Bramd. Model teoritis dalam penelitian ini disampaikan dengan empat hipotesis yang akan diuji menggunakan SEM. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 100 responden, yang merupakan perempuan berusia minimal 30 tahun, dan sudah pernah menggunakan produk perawatan anti aging Avene maksimal 1 kali dalam 3 bulan terakhir. Pada penelitian ini digunakan kuesioner yang telah di desain untuk mengumpulkan informasi dari para konsumen Eau Thermale Avene. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Self Image Congruency, Healthy Lifestyle, dan Appearance Consiousness berpengaruh positif terhadap Behavioral Intention melalui Attitude Toward Brand. Kesimpulan penelitian ini adalah Eau Thermale Avene harus memperhatikan dan mecocokan self image dengan merek produk Avene, mengkomunikasikan tentang gaya hidup sehat yang baik seperti apa, dan juga membuat para konsumen merasa percaya diri, peduli dan sadar akan penampilan kulitnya yang harus selalu terlihat menarik, jika hal-hal tersebut dtelah teridentifikasi maka akan terbentuk sikap konsumen untuk memilih merek yang akan mereka gunakan, setelah itu otomastis para konsumen akan memiliki niat untuk membeli kembali dan merekomendasikan merek Avene. Berdasarkan hasil kesimpulan diatas, maka dapat diberikan saran sebagai berikut, yaitu dengan mengidentifikasi self image konsumen, membangun brand personality, membuat acara-acara kesehatan, dan menentukan brand ambassador untuk mereknya, Selain itu Avene juga harus menjaga kualitas dan reputasi dari mereknya di mata konsumen.