Daftar Isi:
  • Teknologi informasi di era globalisasi sekarang ini terus berkembang untuk mendorong terciptanya kebutuhan penerapan teknologi baru dalam perusahaan. Fungsi Public Relations tidak hanya menjalin hubungan dengan media konvensional namun juga terhadap media baru sebagai sarana komunikasi dengan stakeholder perusahaan. Sehingga terbentuklah digital Public Relations. Penggunaan media sosial dalam sebuah merek atau perusahaan merupakan sebuah saluran informasi untuk membangun citra dan reputasi. Maka dari itu, dalam pengerjaannya, diperlukan strategi dan taktik untuk dapat membangun citra yang tepat bagi perusahaan atau brand sesuai dengan karakter yang ingin dibentuk. Kawan Lama Retail merupakan salah satu perusahaan yang memiliki Social Media Content di dalam divisi Digital Marketing-nya. Kawan Lama Retail adalah jaringan terkemuka di Indonesia yang memiliki lebih dari 300 toko di 31 provinsi. Aneka kebutuhan rumah tangga, gaya hidup, perlengkapan rumah, mainan, peralatan kantor, dan alat tulis disediakan Kawan Lama melalui ACE Hardware Indonesia, Informa, Toys Kingdom, Office 1 Superstore, dan Bike Colony. Selama pelaksanaan kerja magang, penulis ditempatkan di dalam divisi Digital Content. Tugas yang penulis lakukan seluruhnya terkait dengan implementasi penggunaan media sosial meliputi pembuatan posting plan untuk akun brand di Kawan Lama Retail, menulis artikel untuk konten website brand di Kawan Lama Retail dan sebagainya. Berdasarkan pelaksanaan praktik kerja magang yang penulis lakukan di tim Digital Konten Kawan Lama Retail, penulis mendapatkan kesimpulan bahwa proses penyusunan dan pelaksanaan strategi online Public Relations tidak beda jauh dengan proses penyusunan strategi yang dilakukan pada PR konvensional, media sosial merupakan sarana untuk PR dalam menjalankan fungsinya secara menyeluruh, dan isi dalam penyusunan dan penulisan konten media sosial adalah faktor yang sangat menentukan dalam proses engagement antara konsumen dan brand.