Analisis pengaruh e-service quality dan trust terhadap attitude toward the website dan customer satisfaction, serta implikasinya terhadap repurchase intention, revisit intention, dan positive word of mouth : telaah pada net generation konsumen vipplaza.co.id

Main Author: Stephani, Stephani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/399/1/BAB%20I.pdf
http://kc.umn.ac.id/399/2/BAB%20II.pdf
http://kc.umn.ac.id/399/3/BAB%20III.pdf
http://kc.umn.ac.id/399/4/BAB%20IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/399/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/399/6/HALAMAN%20AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/399/7/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/399/
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi dan pesatnya jumlah pertumbuhan pengguna internet di seluruh dunia kini telah mengubah pola tingkah laku masyarakat dalam berbelanja. Masyarakat saat ini lebih menyukai belanja online dibandingkan mengunjungi toko-toko tradisional. Perubahan tingkah laku masyarakat ini mendorong pelaku bisnis di Indonesia untuk masuk dalam pasar e-commerce, salah satunya Vipplaza.co.id. Dengan hadirnya pasar e-commerce ini, maka muncul beberapa permasalahan bagi pelaku bisnis yaitu apakah yang mempengaruhi pola tingkah laku konsumen dalam berbelanja online? Sehingga penelitian ini akan membahas faktor-faktor yang mempengaruhi pola tingkah laku konsumen yang mencakup repurchase intention, revisit intention, dan positive word of mouth yang dipengaruhi oleh trust, attitude toward the website, e-service quality ,customer satisfaction, pada Net Generation konsumen Vipplaza.co.id. Penelitian ini menggunakan desain riset deskriptif dengan metode nonprobability sampling dan teknik judgemental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online pada responden sebanyak 240 responden yang merupakan konsumen dari Vipplaza.co.id. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara trust dengan attitude toward the website, e-service quality dengan attitude toward the website dan customer satisfaction, customer satisfaction dengan attitude toward the website, attitude toward the website dengan repurchase intention,revisit intention dan positive word of mouth,customer satisfaction dengan repurchase intention. Namun tidak ditemukan pengaruh secara langsung antara e-service quality dengan attitude toward the website.