Daftar Isi:
  • Perkembangan industri media massa di era globalisasi semakin pesat khususnya media elektronik televisi, hal ini dibuktikan dengan penelusuran AC Nielsen pada tahun 2012 bahwa 94 persen masyarakat Indonesia mengkonsumsi media melalui televisi. Di Indonesia sendiri, perkembangan televisidimuali dari berdirinya Televisi Republik Indonesia (TVRI) pada 1962, diikuti dengan Rajawali Televisi Indonesia (RCTI) dan beberapa televises swasta lain pada tahun-tahun berikutnya. PT. Cakrawala Andalas Televisi (ANTV) sendiri hadir pada tahun 1993. Pengoperasian televisi swasta tidak lepas daru periklanan. Pendapatan terbesar televisi swasta diproleh dari pengiklan. Televisi merupakan salah satu media massa yang cukup diminati oleh para pengiklan karena salah satu keunggulan media massa televisi adalah menciptakan daya rangsang yang kuat pada khalayak dibandingkan jenis media massa lainnya. Terdapat trobosan sistem periklanan yang mulai digunakan oleh staisun televisi saat ini yaitu built in product atu filler product. Dalam pembuatan built in product atau filler product, dibutuhkan tim sendiri dalam sebuah perushaan televisi swasta, termasuk stasiun televisi swasta ANTV. Tim tersebut adalah tim produksi sponsor. Salah satu pihak yang bertanggung jawabdalam pembuatan built in product atau filler product adalah tim kreatif. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan kerja magang di ANTV dengan judul laporan “Proses Kerja Tim Kreatif Sponsor dalam Proses Produksi Built in Product di ANTV” sehingga dapat semakin memahami bagaimana produksi pembuatan buit in product di televisi, dimana sebelumnya pada saat perkuliahan juga penulis mendapatkan mata kuliah yang berkaitan dengan penulisan naskah dan televisi, seperti Creative Writing, Videografi, Feature Media Siar, Produksi TV 1 serta Produksi TV 2.