Daftar Isi:
  • Sebagai sebuah perusahaan penerbangan milik negara, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. dituntut untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada penumpang. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan melakukan pelatihan secara berkala bagi para karyawannya yang diselenggarakan oleh unit khusus pusat pendidikan dan pelatihan, yaitu Garuda Indonesia Training Center (GITC). Sejak 1999, Garuda Indonesia mengaplikasikan sistem SAP (Systems, Applications, and Products in Data Processing) untuk mengintegrasikan seluruh dokumen dan proses yang terjadi, termasuk data kode dan nama pelatihan yang diselenggarakan GITC. Saat ini tidak terdapat standar penamaan untuk kode dan nama pelatihan tersebut. Namun, seringnya dilakukan pergantian administrator menyebabkan inkonsistensi dalam penamaan kode dan nama pelatihan saat ini, yang selanjutnya memicu perancangan sistem aplikasi Course Naming Convention (CNC). Laporan kerja magang ini memaparkan mengenai perancangan sistem aplikasi CNC, yang dapat digunakan untuk mengajukan (propose) kode dan nama pelatihan yang sesuai dengan standar penamaan yang telah dirumuskan sebelumnya, melihat daftar kode dan nama pelatihan, mengatur dictionary, menerima (approve) kode dan nama pelatihan yang diajukan, dan menghasilkan laporan (report) mengenai kode dan nama pelatihan yang diterima dalam jangka waktu tertentu.