Aktivitas media relations humas kementerian komunikasi dan informatika ri
Main Author: | Delka, Nopinus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/3765/5/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/3765/3/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/3765/5/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/3765/6/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/3765/1/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/3765/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/3765/4/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/3765/ |
Daftar Isi:
- Dalam bidang Komunikasi, kegiatan Media Relations adalah bagian dari Public Relations eksternal yaitu proses komunikasi kepada publik. Publik adalah sasaran utama dalam menjalankan Media Relations, dalam kajian ilmu komunikasi media relations merupakan bagian terkecil dari proses komunikasi oleh Public Relations kepada Publik, dalam mengkomunikasikan segala informasi tentang segala kepentingan perusahaan. Salah satu tugas humas pemerintah ialah mampu menjalin hubungan baik dengan media massa guna menunjang tugasnya sebagai corong informasi dari pemerintah kepada masyarakat. Media merupakan publik eksternal yang menjadi sarana komunikasi antara humas dengan publik, melalui kerjasama dengan media massa humas dapat menginformasikan kepada publik mengenai kebijakan-kebijakan yang ada. Menyadari pentingnya hal tersebut humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia,melakukan upaya pendekatan dengan media massa yang akan membantu melakukan kegiatan publikasi informasi kepada masyarakat. Humas adalah profesi yang memegang kendali agar perusahaan tersebut dapat berjalan dengan baik. Humas dianggap menjadikan perusahaan menjadi lebih baik karena dalam kinerjanya, ia harus bisa membangun citra perusahaan tersebut agar penilaian orang terhadap perusahaan tersebut positif. Opini Publik adalah suatu jumlah dari pendapat individu-individu yang diperoleh melalui perdebatan dan opini publik merupakan hasil interaksi antar individu dalam suatu publik. Sedangkan Kebijakan Publik (Public Policy) Kebijakan (Policy) merupakan suatu tindakan yang mengarah pada tujuan yang diusulkan oleh seseorang, kelompok atau pemerintah dalam lingkungan tertentu sehubungan dengan adanya hambatan-hambatan tertentu Komunikasi Politik sebagai diskusi yang murni membicarakan tentang pengalokasian sumber daya-sumber daya (resources), kewenangan resmi seseorang yang diberi kekuasaan (untuk membuat peraturan, keputusan legislatif dan eksekutif) dan sangsi-sangsi resmi (dari apa yang negara berikan berbentuk reward atau hukuman). Keyword : Public Relations, Hubungan Masyarakat, Opini Publik, Komunikasi Politik dan Public Policy