Daftar Isi:
  • Sebuah isu dapat berkembang menjadi public issue jika menyangkut kepentingan orang banyak, mendapat perhatian,dan dukungan dari media massa. Public issue yang kini sedang mendapat perhatian dunia adalah climate change. Seluruh negara berlomba melakukan upaya mitigasi climate change, secara nasional dan internasional. InterMatrix Communications (IMX) merupakan sebuah konsultan public relations yang menyediakan jasa konsultasi komunikasi dan media relations serta berorientasi pada public issue. Dengan klien Ford Foundation, CLUA, dan IPOP yang memiliki keterkaitan dengan climate change, IMX menjadi garda terdepan dalam konsultasi dan penanganan komunikasi mengenai hal tersebut. Berdasarkan praktek kerja magang selama tiga bulan yang dilakukan penulis, aktivitas yang dilakukan oleh IMX dalam mengomunikasikan climate change menuju COP 21 di Paris salah satunya melalui media relations. Peran media sebagai sumber informasi publik menjadi alasan media relations sangat diperlukan dalam mengomunikasikan sebuah public issue. Peranan penulis sebagai Junior Public Relations Officer (intern) di IMX sangat erat hubungannya dengan aktivitas media relations terutama selama mengomunikasikan climate change sebelum diadakannya COP 21 di Paris. Kata kunci: PR Consultant, Media Relations, Public Issue, Climate Change, InterMatrix Communications