Daftar Isi:
  • Pertumbuhan industri ritel modern di Indonesia menduduki posisi ke – 12 di dunia dalam Indeks Pembangunan Ritel Global 2015. Industri ritel modern Indonesia telah megalami persaingan bisnis yang sangat kuat, baik secara lokal mau pun internasional, serta menjadi salah satu pilihan bisnis investasi di masa depan yang cukup menjanjikan hasilnya. Hal tersebut dilihat dari total nilai penjualan industry ritel modern yang bertumbuh pesat dari Rp 27 triliun pada tahun 2004, meningkat menjadi Rp 44,8 triliun pada tahun 2007, sekitar Rp 55,4 triliun pada tahun 2008, dan diperkirakan mencapai Rp 162,8 triliun pada tahun 2014. Situasi persaingan yang sangat ketat dalam industri ritel saat ini, Matahari Department Store Tbk untuk menjalankan strategi marketing communications atau komunikasi pemasaran dengan menyalurkan biaya promosi atau pun pemasaran yang cukup banyak dengan tujuan untuk menghasilkan kekuatan merek yang sangat baik dan juga angka penjualan yang tinggi. Strategi marketing communications yang dijalankan oleh PT Matahari Department Store Tbk meliput advertising, sales promotion, direct marketing, dan public relations. Advertising dipilih untuk meningkatkan awareness dan menjadi sebuah reminder mengenai sales promotion yang ditawarkan kepada para pelanggan. Strategi public relations dilaksanakan dalam bentuk campaign “Matahari membuatku lebih (M+)” , bertujuan untuk merubah citra Matahari Departement Store, serta direct marketing dalam bentuk katalog dan flyer coupon agar pelanggan tertarik untuk datang dan berbelanja. Keyword : Advertising, Direct Marketing, Industri Ritel Indonesia, Komunikasi Pemasaran, Marketing Communications, PT Matahari Department Store Tbk, dan Public Relations.