Daftar Isi:
  • Oleh : Arwinda Pritami Yahya (Ilmu Komunikasi – Public Relations 2011) Pertumbuhan bisnis dalam bidang industri perhotelan berdampak pada meningkatnya jumlah hotel di Indonesia. Hal ini juga memberi dampak pada tingkat persaingan bisnis, yang menuntut pihak hotel untuk memiliki strategi bisnis yang berbeda dari kompetitor. Penerapan praktik ilmu public relations menjadi salah satu strategi dalam mencapai hasil yang berbasis profit. Laporan kerja magang ini membahas mengenai aktivitas praktik kerja magang yang dilakukan penulis di Hotel Grand Zuri BSD City, khususnya pada Departemen Sales & Marketing. Selama praktik kerja magang, penulis dilibatkan dalam dua divisi, yakni pada Departemen Sales & Marketing, serta turut menjalankan fungsi public relations sebagaimana yang dijalankan oleh internal departemen dan executive secretary. Aktivitas public relations yang dijalankan oleh executive secretary seperti media relations, employee relations, online public relations dan event. Sedangkan Departemen Sales & Marketing menjalankan aktivitas customer relations. Penerapan aktivitas public relations bertujuan untuk memberikan informasi yang dibutuhkan dalam berbagai bentuk media, serta membangun dan menjaga hubungan baik dengan stakeholders. Kata kunci: Public Relations, Media Relations, Employee Relations, Online Public Relations, Event, Customer Relations