Daftar Isi:
  • Memasuki milenium 2000, teknologi komunikasi informasi dan komunikasi semakin berkembang pesat. Kemajuan ini mempermudah berbagai aspek, salah satunya adalah aspek kebutuhan akan informasi. Jika dulu hanya tersedia media cetak, televisi, dan radio, sekarang sudah ada media baru atau biasa disebut media online. Di Indonesia, salah satu media yang perkembangannya cukup pesat media milik Kompas Gramedia Group yaitu, Kompas. Awalnya, Kompas hanya membuat media online untuk memuat tulisannya di harian Kompas ke internet. Dalam perkembangannya, situs ini membangun karakteristik dan ciri khasnya sendiri menjadi sebuah online journalism. Maka, lahirlah sebuah portal berita baru yang sekarang dikenal dengan nama Kompas.com. Sebagai mahasiswa tingkat akhir fakultas Ilmu Komunikasi konsentrasi Jurnalistik Universitas Multimedia Nusantara, penulis berkewajiban menjalankan kerja magang sebagai salah satu syarat kelulusan dan mendapatkan gelar S-1 (strata satu) dalam bidang keilmuan yang digeluti penulis. Dalam hal ini, penulis melakukan kerja magang sebagai reporter di divisi news-olahraga. Pada divisi ini, penulis dituntut untuk selalu menyajikan pemberitaan seputar hasil pertandingan olahraga, human interest olahraga, hingga isu-isu dan kejadian menarik seputar dunia olahraga. Pemberitaannya ini mencakup pemberitaan dalam dan luar negeri. Laporan ini ditujukan untuk memaparkan apa yang telah dialami penulis selama tiga bulan melakukan praktik magang. Penulis mendapat banyak pengalaman sebagai jurnalis: bukan hanya aplikasi dari teori selama kuliah, tapi ada hal-hal baru yang didapat dari praktik lapangan. Kata kunci: media online, olahraga, reporter, Kompas.com