Daftar Isi:
  • Maraknya industri smartphone saat ini mendorong perusahaan – perusahaan besar yang bergerak di bidang telekomunikasi saling berlomba untuk menguasai pangsa pasar. Konsumen merupakan aset penting perusahaan agar dapat terus bertahan di dalam persaingan ini. Untuk itu, perusahaan tidak hanya fokus untuk menarik konsumen baru tetapi berbagai strategi dan program – program komunikasi perlu dijalankan untuk mempertahankan konsumen lama. Loyalitas konsumen dapat dilihat dari kecenderungan mereka untuk memilih merek atau brand yang sudah dipercayai. Citra merek memiliki peran penting dalam mempertahankan loyalitas konsumen. Kita dapat dengan mudah menilai sebuah produk hanya melalui citra merek itu sendiri ataupun gabungan dari keduanya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah ada pengaruh dari citra merek terhadap loyalitas konsumen Oppo. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan adalah teori perilaku konsumen dan konsep citra merek terhadap loyalitas konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan 400 responden dengan teknik purposive sampling, yang mengisi data kuisioner. Selain itu, penelitian ini juga dilengkapi dengan studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil korelasi Spearman menunjukkan adanya pengaruh citra merek terhadap loyalitas konsumen Oppo. Hubungan yang didapatkan menunjukkan hubungan yang sangat kuat. Maka simpulan dari penelitian ini adalah citra merek mempengaruhi loyalitas konsumen.