Aktivitas media relations pt. pertamina (persero) periode juli - september
Main Author: | Kurniawan, Timothy Gerald Zoshel |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/3129/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/3129/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/3129/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/3129/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/3129/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/3129/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/3129/7/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/3129/ |
Daftar Isi:
- Hal yang melatarbelakangi ketertarikan akan topik aktivitas media relations ini dikarenakan berkembang pesatnya industri yang berkategori High Regulated Company khususnya minyak dan gas di Indonesia. Semakin berkembangnya industri ini, semakin rentan juga risiko-risiko perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Resiko yang tidak dapat diatasi dengan benar baik secara preventif maupun represif akan berujung pada krisis perusahaan. Dalam hal ini, dibutuhkan sebuah fungsi yang dapat menghubungkan perusahaan dengan publik agar tercipta sebuah keseragaman pemahaman. Disinilah peran media relations dalam sebuah fungsi perusahaan sangat penting dalam membina hubungan baik dengan wartawan sampai pada institusi media. Hal ini bertujuan saat perusahaan sangat membutuhkan publisitas dari media saat krisis, media mau melakukannya secara sukarela dan membantu perusahaan menciptakan pemahaman yang benar bagi publik. Tujuan praktik kerja lapangan ini adalah untuk mengetahui strategi dan taktik dari fungsi media relations sebuah perusahaan minyak dan gas yaitu Pertamina, dalam membina hubungan baik dengan media dan wartawan sehingga semua pesan yang disampaikan oleh perusahaan tersalurkan dengan benar kepada publik dan menciptakan keseragaman pemahaman. Adapun aktivitas yang dilakukan dalam fungsi media relations di Pertamina meliputi, media placement, press gathering, press conference, editorial briefing, penyebaran press release, dan press tour. Simpulan dari praktik kerja yang dilakukan di Pertamina adalah Pertamina sudah melakukan strategi dan taktik dengan baik dan benar dalam membina hubungan baik dengan wartawan dan media. Namun, saran yang bisa diberikan untuk fungsi media relations adalah ruang lingkup kerja harus diciptakan lebih harmonis dan kondisi yang bersahabat untuk masing-masing officer dan manager. Kata Kunci : Media relations, Pertamina