Analisis kegiatan media monitoring konsultan public relations weber shandwick indonesia
Main Author: | Theresia, Meisi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/3108/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/3108/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/3108/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/3108/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/3108/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/3108/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/3108/7/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/3108/ |
Daftar Isi:
- Saat ini Ilmu komunikasi dapat mengambil bagian untuk mendukung perusahaan dalam rangka meningkatkan penjualan. Adanya citra dan reputasi merupakan 2 hal penting yang harus dimiliki dan dipertahankan oleh sebuah perusahaan. Untuk mewujudkan citra dan reputasi yang baik, ada salah satu bidang pekerjaan dengan berlandaskan ilmu komunikasi yang dapat membantu tercapainya kedua hal tersebut ialah Public Relations. Adapun jasa yang ditawarkan dari bidang ini adalah Konsultan Public Relations. Weber Shandwick Indonesia telah berdiri sejak tahun 2003 dengan kantor yang bertempat di Jakarta. Agensi PR ini telah menjadi tempat bagi penulis untuk merealisasikan praktek kerja magang. Di Jakarta, Weber Shandwick Indonesia berada di bawah sebuah pimpinan bapak Djohansyah Saleh. Beliau masih menjadi Head of Operations hingga penulis menyelesaikan praktek kerja magang di kantor agensi ini. Weber Shandwick Indonesia merupakan agensi PR yang di bawah naungan Interpublic Group dan memiliki sister company, yaitu GolinHarris Internasional di Indonesia. Penulis telah melalui 3 bulan untuk praktek kerja magang atau Internship dan ada hasil yang dipetik berdasarkan pengalaman penulis selama belajar kerja di agensi PR. Sebagai intern maka tugas-tugas yang dilakukan mulai dari yang sangat sederhana, yaitu melakukan media monitoring ̧melaksanakan news tracking, membantu persiapan pelaksanaan event klien dengan proses distribusi undangan hingga membuat media attendance list,dan membuat mini research. Penulis mengambil kesimpulan bahwa media monitoring adalah kegiatan utama di kantor agensi PR yang mana hasilnya akan dikirimkan kepada klien baik itu harian, mingguan, dan bulanan. Kegiatan media monitoring memiliki kaitan dengan mata kuliah media relations, penulisan media PR, dan produksi media PR. Aktivitas pelaksanaan event dan news tracking memiliki kaitan erat dengan media relations. Sedangkan, untuk mata kuliah penulisan dan produksi media PR berkaitan dengan aktivitas membuat daily media monitoring, weekly report, dan monthly report. Keywords: Konsultan Public Relations; Weber Shandwick Indonesia; Internship; Media Monitoring