Daftar Isi:
  • Dalam era globalisasi sekarang, perusahaan-perusahaan yang memiliki usaha sejenis harus bersaing ketat dengan perusahaan lainnya. Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor kunci perusahaan dalam melakukan reformasi ekonomi, yakni SDM yang berkualitas dan memiliki keterampilan, agar perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan pesaing. Perkembangan teknologi yang sangat pesat, dimamfaakan perusahaan dalam menerapkan strategi mereka. Dalam perjalannya, peran Public Relations (PR) sangat kental dalam sebuah perusahaan. Banyaknya prinsip-prinsip PR yang saat ini mulai diterapkan oleh perusahaan khususnya untuk membangun SDM mereka menjadi lebih baik, agar dapat bersaing dengan perusahaan lain. Menyadari hal ini, MegaFirst melalui bagian People Management Specialist yang di bawah divisi MegaFirst Acquistion and Portfolio, banyak melakukan kegiatan corporate communication, khususnya untuk pihak internal MegaFirst. Kegiatan-kegiatan corporate communication pada divisi MegaFirst, lebih ditekankan tentang konsep PR, yakni internal communication yang baik antara semua divisi MegaFirst. Hal ini guna membantu seluruh tim MegaFirst dapat melakukan kerja secara baik, total dan pecapaian target mereka. Dalam melakukan praktek kerja magang selama tiga bulan pada bagian People Management Specialist, diketahui bahwa untuk menghasilkan relasi yang baik antara tim MegaFirst, perlu adanya komunikasi yang efektif, baik dalam penggunaan saluran komunikasi dan isi pesannya. Serta koordinasi dari seluruh tim MegaFirst kantor pusat yang baik, sangat membantu pencapian saling pengertian antara tim pusat dan cabang, serta untuk saling memahami hak dan kewajiban mereka masing-masing. Kata kunci : corporate communication, public relations, Bank Mega, megafirst, internal communication