Daftar Isi:
  • Persaingan mall di daerah Tangerang Selatan begitu ketat seiring dengan bertumbuhnya properti perumahan dan bisnis, serta terdapat berbagai fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Mall-mall bersaing untuk menyediakan hiburan yang dapat menjangkau masyarakat melalui kegiatan komunikasi. Peranan public relations dibutuhkan mall untuk mengelola komunikasi perusahaan kepada publik, salah satunya melalui pengelolaan event dan promosi. Pada kerja magang ini penulis bekerja di Teraskota Entertainment Center yang berdiri sejak 2009 di bawah naungan PT Deyon Resources. Teraskota berupaya menyediakan hiburan-hiburan yang dapat menjangkau segala lapisan usia dan juga berupaya menjadi tempat yang nyaman bagi komunitas atau keluarga untuk berkumpul ataupun berkegiatan. Konsep diri sebagai pusat hiburan ini yang terus ditekankan perusahaan dalam komunikasinya kepada publik dengan tujuan membedakan diri dari pesaing lain yang dikenali sebagai shopping mall. Pada kerja magang ini penulis mempelajari dan memahami pengelolaan event dan promosi Teraskota sebagai bentuk komunikasi dengan publik. Penulis berperan aktif dalam branding perusahaan sebagai entertainment center melalui perencanaan serta implementasi event, membangun hubungan komunikasi dengan customer baik itu tenant ataupun pengunjung, hubungan dengan media melalui penyusunan press release, serta menjalin hubungan internal dengan berbagai divisi di Teraskota. Kendala yang dihadapi penulis dalam kerja magang adalah kurangnya riset mengenai karakteristik pengunjung Teraskota sebagai acuan perencanaan event dan dokumentasi event kurang dimanfaatkan sebagai konten promosi melalui online media. Kata kunci: event, promosi, branding, mall