Perancangan visual kampanye sosial menghadapi hate speech dalam bermedia sosial
Main Author: | Cynthia, Maria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/2977/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/2977/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/2977/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/2977/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/2977/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/2977/6/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/2977/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/2977/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/2977/ |
Daftar Isi:
- Pengguna media sosial di Indonesia mencapai lebih dari 79 juta orang. Semakin banyak jumlahnya berarti semakin besar potensi permasalahan yang timbul. Salah satunya adalah hate speech atau ujaran kebencian. Kasus akibat hate speech di media sosial yang berujung pada konflik sosial semakin marak sejak tahun 2014. Namun sebagian besar netizen masih cuek atau langsung sebal dan emosi. Masih sedikit yang mau tergabung aktif dalam gerakan perdamaian memerangi ujaran kebencian. Hate speech tidak dapat dibiarkan saja karena jika tidak diredam, efeknya akan menjamur dan menginfeksi tabiat netizen lain. Oleh sebab itu dibutuhkan gerakan perubahan perilaku oleh kaum muda di media sosial agar tidak menghasilkan hate speech maupun dapat menanggapi hate speech dengan bijak dengan ‘kalem’ sebagai kuncinya.