Perancangan gerakan karakter utama pada film animasi 3d “ara”
Main Author: | Permana, Irsan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/2883/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/2883/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/2883/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/2883/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/2883/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/2883/6/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/2883/7/DAFTAR%20PUSTAKNA.pdf http://kc.umn.ac.id/2883/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/2883/ |
Daftar Isi:
- Dalam laporan tugas akhir ini, penulis membahas tentang perancangan gerakan karakter untuk animasi 3D. Proses ini cukup penting untuk dipelajari lebih dalam karena setiap gerakan yang dilakukan oleh karakter mengandung ekspresi tentang apa yang dirasakan oleh si karakter. Selain melakukan studi gerak, penulis juga mengaplikasikan hal tersebut dan beberapa gerakan dikembangkan dengan menggunakan salah satu prinsip animasi, yaitu ‘melebih-lebihkan’. Hal ini harus diterapkan dalam proses menggerakkan karakter agar karakter terlihat hidup dan interaksi dengan lingkungan sekitar menjadi lebih menarik. Gerakan yang dirancang adalah gerakan seorang anak yang menjadi seorang pejuang di dalam mimpinya, tetapi di dunia nyata anak itu sedang menderita penyakit. Metode perancangan yang dilakukan dalam tugas akhir ini adalah dengan studi literatur sebagai referensi. Selain studi literatur, penulis menggunakan tubuh sendiri yang direkam sebagai referensi gerak. Penulis menggunakan perangkat 3Ds Max sebagai perangkat untuk merancang gerakan karakter.