Daftar Isi:
  • Sarapan merupakan salah satu faktor penting dalam kehidupan sehari-hari manusia. Penyebab kekurangan gizi serta nutrisi pada tubuh diakibatkan karena adanya pola makan yang tidak seimbang dan teratur, salah satunya adalah dengan tidak melakukan sarapan pagi sebelum melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan adanya hal tersebut beberapa perusahaan melakukan program untuk meningkatkan awareness mengenai pentingnya sarapan di pagi hari. Salah satunya adalah PT Frisian Flag Indonesia dengan produk Susu Kental Manis (SKM) mengadakan “Bulan Sarapan Sempurna 2016”. Skripsi ini disusun untuk membahas strategi yang digunakan PT Frisian Flag Indonesia dalam menjalankan kegiatan tersebut. Penelitian berjudul “Strategi Marketing Public Relations Melalui Kampanye PR” ini menggunakan Whalen’s 7 Step Strategic Planning Process oleh Thomas L. Harris dan Patricia T. Whalen. Penelitian ini berjenis kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan wawancara mendalam dan tinjauan pustaka. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data Miles & Huberman dan menggunakan teknik triangulasi guna untuk diuji keabsahannya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa selain untuk meningkatkan awareness masyarakat agar menerapkan sarapan sehat, gerakan ini juga diadakan untuk meluruskan persepsi masyarakat akan produk Susu Kental Manis (SKM) yang di persepsikan masyarakat membahayakan tubuh karena kandungan gulanya. Dalam kegiatan kampanye ini, PT Frisian Flag Indonesia menggunakan strategi pemanfaatan media sosial serta pihak ketiga juga melakukan kegiatan offline seperti membagikan sarapan gratis di car free day Jakarta untuk sosialisasi gerakan sarapan sehat ini.