strategi city branding enjoy jakarta untuk meningkatkan target kunjungan wisatawan
Main Author: | Wicaksono, Helmi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/2711/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/2711/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/2711/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/2711/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/2711/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/2711/6/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/2711/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/2711/ |
Daftar Isi:
- Jakarta sebagai kota metropolitan yang kaya akan nilai sejarah dan budaya juga memiliki beragam destinasi wisata yang dapat mengundang minat calon wisatawan berkunjung ke Jakarta. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta perlu melakukan pengelolaan yang kreatif dan inovatif berdasarkan perencanaan yang matang, pelaksanaan yang konsisten, dan evaluasi yang terukur untuk membangun ingatan publik mengenai sebuah kota sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jakarta. Deskripsi tersebut telah menjadi dasar pemikiran dari penelitian ini yang akan terfokus pada strategi city branding Enjoy Jakarta untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta secara konsisten telah menerapkan tahapan pemasaran tempat dan enam langkah komunikasi mulai dari riset dan survey, penentuan khalayak, penentuan tujuan, pengelolaan pesan, pemilihan media komunikasi dan evaluasi. Dari konsep enam langkah membangun city branding tersebut Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta memiliki kekuatan pada strategi pengemasan pesan dan pemilihan media komunikasi sehingga slogan atau merek Enjoy Jakarta dapat melekat pada ingatan publik dan berhasil meningkatan kunjungan wisatawan ke Jakarta. Namun upaya membangun identitas merek Enjoy Jakarta ini masih menyisakan sejumlah kekurangan. Kekurangan inilah yang harus segera dibenahi oleh Dinas terkait.