Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya citra positif perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Citra positif perusahaan salah satunya dapat dilihat dari pemberitaan yang positif oleh media tentang perusahaan terkait. Pemberitaan positif akan mencerminkan citra perushaan yang positif juga, dan sebaliknya pemberitaan negatif akan mencerminkan citra negatif perusahaan. Teori/ model yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori/ model stimulus-respons. Teori ini mengungkapkan bahwa efek media pada individu harus dimulai dengan perhatian atau terpaan pada pesan di media. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 400 resoinden. Teknik pengambilan sampel menggunakan systematic sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh pemberitaan tentang meledaknya Samsung Galaxy Note 7 di media online terhadap citra Samsung sebesar 3% sedangkan 97% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Diharapkan penelitian ini dapat bermafaat bagi pembaca dan menjadi sumber referensi untuk penelitian berikutnya.