Perancangan Animasi Tokoh Hendrik Dalam Film Animasi “train of thought”
Main Author: | Thamrin, Dimas Ryandi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/2425/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://kc.umn.ac.id/2425/4/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/2425/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/2425/6/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/2425/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/2425/7/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/2425/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/2425/ |
ctrlnum |
2425 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/2425/</relation><title>Perancangan Animasi Tokoh Hendrik Dalam Film Animasi “train of thought”</title><creator>Thamrin, Dimas Ryandi</creator><subject>NC996 Animation</subject><subject>NX650-694 Special subjects, characters, persons, religious arts, etc.</subject><description>Setiap cerita pasti memiliki pesan dan ide dan gagasan yang dibawa. Dalam penyampaiannya, pesan tersebut dibagi kedalam adegan yang masing-masing adegannya membawa pesan tersendiri. Dalam film animasi, tokoh adalah salah satu alat terpenting bagi animator untuk menyampaikan pesan tersebut.
Topik penelitian ini ialah tentang bagaimana agar karakter animasi dapat menyampaikan pesan dalam film dan bagaimana penerapan karakterisasi tokoh yang mendukung film. Dalam akting yang merupakan penyampaian emosi secara fisik, bahasa tubuh merupakan bagian yang paling menjadi perhatian terbesar. Untuk itu penulis mengambil beberapa elemen dari bahasa tubuh untuk diteliti yakni postur tubuh, gestur dan ekspresi.
Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini ialah observasi dan eksperimen. Penulis yang tergabung dalam tim “Grey Balloon” menerapkan karakterisasi pada tokoh, serta menyampaikan cerita melalui pesan yang disampaikan karakter pada tiap adegannya. Melalui penelitian ini, penulis berharap pembaca dapat menerapkan faktor utama dalam bahasa tubuh untuk menyampaikan pesan dan dapat menerapkan karakterisasi tokoh sesuai dengan cerita</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2425/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2425/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2425/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2425/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2425/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2425/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2425/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Thamrin, Dimas Ryandi (2014) Perancangan Animasi Tokoh Hendrik Dalam Film Animasi “train of thought”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>2425</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Thamrin, Dimas Ryandi |
title |
Perancangan Animasi Tokoh Hendrik Dalam Film Animasi “train of thought” |
publishDate |
2014 |
topic |
NC996 Animation NX650-694 Special subjects characters persons religious arts etc |
url |
http://kc.umn.ac.id/2425/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://kc.umn.ac.id/2425/4/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/2425/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/2425/6/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/2425/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/2425/7/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/2425/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/2425/ |
contents |
Setiap cerita pasti memiliki pesan dan ide dan gagasan yang dibawa. Dalam penyampaiannya, pesan tersebut dibagi kedalam adegan yang masing-masing adegannya membawa pesan tersendiri. Dalam film animasi, tokoh adalah salah satu alat terpenting bagi animator untuk menyampaikan pesan tersebut.
Topik penelitian ini ialah tentang bagaimana agar karakter animasi dapat menyampaikan pesan dalam film dan bagaimana penerapan karakterisasi tokoh yang mendukung film. Dalam akting yang merupakan penyampaian emosi secara fisik, bahasa tubuh merupakan bagian yang paling menjadi perhatian terbesar. Untuk itu penulis mengambil beberapa elemen dari bahasa tubuh untuk diteliti yakni postur tubuh, gestur dan ekspresi.
Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini ialah observasi dan eksperimen. Penulis yang tergabung dalam tim “Grey Balloon” menerapkan karakterisasi pada tokoh, serta menyampaikan cerita melalui pesan yang disampaikan karakter pada tiap adegannya. Melalui penelitian ini, penulis berharap pembaca dapat menerapkan faktor utama dalam bahasa tubuh untuk menyampaikan pesan dan dapat menerapkan karakterisasi tokoh sesuai dengan cerita |
id |
IOS6965.2425 |
institution |
Universitas Multimedia Nusantara |
institution_id |
355 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara |
library_id |
306 |
collection |
Knowledge Center UMN |
repository_id |
6965 |
subject_area |
Business/Bisnis Communication/Komunikasi Art Apreciation/Apresiasi Seni Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika |
city |
TANGERANG |
province |
BANTEN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6965 |
first_indexed |
2019-04-04T01:21:23Z |
last_indexed |
2019-04-04T01:21:23Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1683865389682917376 |
score |
17.538404 |