Penerapan jump cut dalam film pendek ping pong sebagai pengurangan durasi dan pembangunan karakter
Main Author: | Yahya, Amerigo Salim |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/2336/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/2336/3/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/2336/4/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/2336/5/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/2336/6/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/2336/7/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/2336/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/2336/9/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/2336/ |
ctrlnum |
2336 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/2336/</relation><title>Penerapan jump cut dalam film pendek ping pong sebagai pengurangan durasi dan pembangunan karakter</title><creator>Yahya, Amerigo Salim</creator><subject>TR840 Technique</subject><subject>TR845-899 Cinematography. Motion pictures. Film</subject><description>Editing adalah salah satu proses akhir dan merupakan salah satu unsur penting
dalam pembuatan sebuah film. Seorang editor harus memilah dan menyusun
gambar dan suara yang diambil pada saat produksi menjadi sebuah kesatuan.
Singkat kata, jump cut adalah sebuah teknik editing dimana gambar yang
dihasilkan akan terlihat ‘melompat’. Jump cut juga menyebabkan hilangnya
beberapa komponen seperti dialogue atau gerakan talent. Selain melalui script,
pembangunan karakter juga dapat dilakukan oleh editor. Hal ini dapat dilakukan
dengan cara memanipulasi dialogue yang ada. Seorang editor dapat menghapus,
menyusun ulang maupun mengulang sebuah dialogue sesuai keinginannya.
Pada Laporan Tugas Akhir ini, penulis menjelaskan serta menganalisa
bagaimana penerapan jump cut dapat memberikan dampak yang besar pada
sebuah film. Dengan adanya penghapusan dialogue, penulis menemukan adanya
penguatan karakter. Jump cut juga mengambil peran besar dalam pengurangan
durasi yang cukup signifikan.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2336/1/HALAMAN%20AWAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2336/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2336/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2336/5/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2336/6/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2336/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2336/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2336/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Yahya, Amerigo Salim (2015) Penerapan jump cut dalam film pendek ping pong sebagai pengurangan durasi dan pembangunan karakter. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>2336</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Yahya, Amerigo Salim |
title |
Penerapan jump cut dalam film pendek ping pong sebagai pengurangan durasi dan pembangunan karakter |
publishDate |
2015 |
topic |
TR840 Technique TR845-899 Cinematography. Motion pictures. Film |
url |
http://kc.umn.ac.id/2336/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/2336/3/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/2336/4/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/2336/5/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/2336/6/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/2336/7/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/2336/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/2336/9/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/2336/ |
contents |
Editing adalah salah satu proses akhir dan merupakan salah satu unsur penting
dalam pembuatan sebuah film. Seorang editor harus memilah dan menyusun
gambar dan suara yang diambil pada saat produksi menjadi sebuah kesatuan.
Singkat kata, jump cut adalah sebuah teknik editing dimana gambar yang
dihasilkan akan terlihat ‘melompat’. Jump cut juga menyebabkan hilangnya
beberapa komponen seperti dialogue atau gerakan talent. Selain melalui script,
pembangunan karakter juga dapat dilakukan oleh editor. Hal ini dapat dilakukan
dengan cara memanipulasi dialogue yang ada. Seorang editor dapat menghapus,
menyusun ulang maupun mengulang sebuah dialogue sesuai keinginannya.
Pada Laporan Tugas Akhir ini, penulis menjelaskan serta menganalisa
bagaimana penerapan jump cut dapat memberikan dampak yang besar pada
sebuah film. Dengan adanya penghapusan dialogue, penulis menemukan adanya
penguatan karakter. Jump cut juga mengambil peran besar dalam pengurangan
durasi yang cukup signifikan. |
id |
IOS6965.2336 |
institution |
Universitas Multimedia Nusantara |
institution_id |
355 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara |
library_id |
306 |
collection |
Knowledge Center UMN |
repository_id |
6965 |
subject_area |
Business/Bisnis Communication/Komunikasi Art Apreciation/Apresiasi Seni Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika |
city |
TANGERANG |
province |
BANTEN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6965 |
first_indexed |
2019-04-04T01:21:23Z |
last_indexed |
2019-04-04T01:21:23Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1683865388952059904 |
score |
17.538404 |