Daftar Isi:
  • Adanya ancaman krisis energi yang disebabkan menipisnya sumber daya alam terbatas, menyebabkan kita harus mencari energi alternatif untuk memenuhi kebutuhan listrik yang terus meningkat. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir merupakan salah satu aplikasi energi baru terbarukan, yang mempunyai potensi besar dalam memenuhi kebutuhan listrik Negara. Sumber energinya adalah uranium, yang sifatnya dapat diperbarui dan ramah lingkungan. Namun, ternyata solusi krisis energi ini tidak disambut baik oleh masyarakat,. Pemanfaatan nuklir masih dianggap sebagai teknologi yang terlalu menyeramkan untuk dapat hadir di tengah-tengah mereka. Hal ini didasari kurangnya pemahaman mereka terhadap iptek nuklir secara utuh. Kampanye sosial adalah salah satu jawaban dari persoalan tersebut. Kampanye sosial mampu mengedukasi dan mengubah persepsi negatif masyarakat akan kehadiran pemanfaatan nuklir. Perancangan kampanye sosial PLTN sebagai solusi krisis energy Indonesia ini, menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, kuesioner dan studi visual. Teknik persuasi yang digunakan adalah pay off idea, yaitu masyarakat disuguhi harapanharapan baik. Teknik visual yang digunakan adalah dengan mengilustrasikan PLTN dan lingkungan Bangka Barat dengan gambar 3 dimensi. Kampanye social ini kemudian akan diaplikasikan pada media utama, berupa baliho, dan media pendukung berupa poster, booklet, dan stiker.